Abstract:
UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) merupakan penopang perkonomian di Indonesia. UMKM berperan dalam aspek penyerapan tenaga kerja, ketersediaan lapangan kerja, produk domestik bruto nasional, ekspor, serta investasi. Pertumbuhan UMKM masih menjadi masalah di Indonesia karena pertumbuhannya masih sangat minim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan UMKM di Indonesia. Faktor yang diteliti pada penelitian ini berkatian dengan kemauan bertindak, kemampuan dalam berwirausaha, kepercayaan diri dalam mencari, kepercayaan diri dalam perencanaan, kepercayaan diri dalam kepemimpinan, kepercayaan diri dalam mengelola sumber daya manusia, kepercayaan diri dalam mengelola keuangan, jenis kelamin, opportunity, dan pendidikan. Variabel yang akan diteliti adalah penambahan tenaga kerja. Dengan adanya penambahan tenaga kerja pada suatu UMKM, maka suatu UMKM tersebut dinyatakan bertumbuh. Jumlah data yang digunakan pada penelitian adalah sebanyak 180 data, yaitu data responden owner manager yang dapat memprediksi perubahan jumlah tenaga kerja.
Pengolahan data yang dilakukan adalah pengujian crosstab dan juga pembuatan model regresi ordinal dengan menggunakan software SPSS. Berdasarkan dilakukan pengujian crosstab, diketahui bahwa faktor yang berpengaruh terhadap kemauan suatu UMKM untuk tumbuh adalah kemauan bertindak untuk membuka usaha baru dengan nilai signifikansi sebesar 0,023. Berikutnya dilakukan pembuatan model regresi ordinal untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemauan bertindak terhadap kemauan suatu UMKM untuk tumbuh. Berdasarkan model regresi yang sudah dibuat, diketahui bahwa responden yang memiliki kemauan bertindak untuk membuka usaha baru memiliki peluang yang lebih tinggi bahwa usahanya tidak bertumbuh dibandingkan responden yang tidak memiliki kemauan bertindak untuk membuka usaha yang baru. Rekomendasi program dibuat untuk membantu UMKM yang mau bertumbuh dan tidak mau bertindak membuka usaha yang baru dengan melihat karakteristik responden dan wawancara. Rekomendasi yang dapat diberikan agar UMKM dapat tumbuh adalah dengan melakukan analisis pasar (melihat peluang dalam menjalankan usaha, mengetahui kompetitor, dan mampu memperkirakan tingkat permintaan pelanggan terhadap produk/jasa).