Abstract:
Alfacart adalah salah satu anak perusahaan dari Alfa Group, Alfacart merupakan perusahaan yang baru dibuat sejak mei 2016. Perusahaan Alfacart bergerak di bidang e-commerce. Tujuan dibuatnya Alfacart adalah untuk mengembangkan dari Alfa group serta memudahkan konsumen untuk mencari produk yang mereka inginkan. Alfacart sendiri mempunyai 4 keunggulah yaitu Payment Point, Pickup Point, Deliver Point, dan Rhymt point. Payment Point ini sendiri membantu konsumen agar dapat melakukan pembayaran tidak hanya melalui bank saja tetapi bisa juga melakukan pembayaran melalui alfamart terdekat. Alfacart sendiri merupakan anakan perusahaan dari Alfamart sehingga sudah mempunyai jaringan distribusi dan kelebihan tersendiri di mata konsumen.Pickup Point ini berarti konsumen Alfacart dapat memesan barang tertentu setelah itu mengambil di Alfamart terdekat. Deliver Point ini berarti setelah konsumen memilih dan membayar barang yang ia inginkan barang tersebut dapat dianter oleh kurir yang disediakan oleh perusahaan Alfacart. Rhymt Point berarti Alfacart membuat system yang ia gunakan agar bisa berjalan dengan lancar karena sudah di atur sesuai dengan urutan kerja yang baik. Bisnis e-commerce sendiri mempunyai peluang bisnis yang sangat baik di Indonesia karena teknologi yang sudah sangat maju sehingga membuat orang ingin melakukan segala sesuatu nya dengan lebih praktis. Salah satu hal yang dapat konsumen lakukan untuk mempermudah dan menghemat waktu adalah dengan berbelanja online. Berbelanja online sendiri sudah dilakukan oleh banyak orang tetapi Alfacart baru masuk ke dunia persaingan e-commerce pada mei 2016. Karena Alfacart sendiri baru masuk ke dunia persaingan e-commerce, Alfacart masih harus meningkatkan Brand Knowledge yang dimiliki oleh konsumen agar konsumen bisa mengenal dan ingin berbelanja di Alfacart. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi agar Alfacart dapat bersaing di dunia persaingan e-commerce yang sudah sangat ketat dan sudah banyak dimasuki oleh perusahaan-perusahaan lain. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dan deskriptif dengan menggunakan survey menggunakan kuesioner. Sampel dari penelitian ini adalah orang-orang yang berada di kota bandung serta 120 responden yang pernah melakukan belanja online menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan metode kuantitatif dengan analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menjadi pilihan konsumen dalam berbelanja adalah kemudahan dalam berbelanja, kenyamanan dalam belanja dan harga yang murah, Brand Knowledge yang dimiliki konsumen masih tidak terlalu baik dikarenakan Alfacart baru masuk ke dunia persaingan e-commerce dan belum melakukan promosi yang gencar serta Brand Knowledge mempunyai pengaruh positif pada keputusan pembelian konsumen dan konsumen pada umumnya tidak menjadikan Alfacart sebagai pilihan utama dalam berbelanja. Strategi yang dapat dilakukan Alfacart adalah dengan melakukan promosi yang gencar untuk meningkatkan Brand Knowledge yang dimiliki konsumen tentang Alfacart menjelaskan kelebihan Alfacart dibanding perusahaan e-commerce lainnya sehingga konsumen tidak ragu dalam memilih Alfacart sebagai pilihan untuk berbelanja.