Evaluasi dan perancangan ulang produk striped clipboard berdasarkan aspek usability dan emotion

Show simple item record

dc.contributor.advisor Theopilus, Yansen
dc.contributor.author Aurelli, Brenda
dc.date.accessioned 2021-10-14T04:11:34Z
dc.date.available 2021-10-14T04:11:34Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40554
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12465
dc.description 5200 - FTI en_US
dc.description.abstract Semasa sekolah, anak SD sering menuliskan materi pembelajaran pada kertas HVS, dimana anak-anak mengalami kesulitan menulis lurus. Dari permasalahan tersebut, pada tahun 2019 telah dikembangkan produk Striped Clipboard yang sudah pada proses prototyping. Rancangan produk yang berpotensi menjawab permasalahan ini belum dievaluasi, sehingga berpotensi menimbulkan masalah jika langsung dipasarkan. Berdasarkan hasil preliminary research, perlu dilakukannya evaluasi terhadap aspek usability dan product emotion. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi produk Striped Clipboard berdasarkan aspek usability dan product emotion agar memenuhi kebutuhan pengguna. Terdapat 4 kriteria usability testing yang digunakan yaitu effectiveness, efficiency, learnability, dan safety. Pengujian kriteria effectiveness dan efficiency menggunakan task completion, kriteria learnability menggunakan analisis grafik learning curve, dan aspek safety menggunakan kuesioner. Dalam mengukur product emotion, responden melakukan penilaian pada animasi-animasi PrEmo2. Berdasarkan hasil evaluasi, didapatkan effectiveness dan efficiency sebesar 78,57% dan 79,49%, learnability sudah dinilai baik, dan safety produk dinilai berbahaya. Pada hasil pengujian PrEmo2, rata-rata keseluruhan emosi positif dan negatif sebesar 1,51 dan 2,4. Hasil tersebut dapat dikatakan produk saat ini dianggap cukup mudah digunakan dan dipelajari, tetapi dianggap membahayakan pengguna. Desain produk dianggap kurang menimbulkan emosi positif, sehingga produk dianggap kurang menarik bagi anak SD. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan perancangan ulang produk. Produk hasil perancangan ulang memiliki tampilan yang lebih sederhana, desaim fitur yang lebih memudahkan pengguna dan tampilan yang lebih sesuai dengan seleran pengguna. Hasil effectiveness dan efficiency sebesar 97,14% dan 89,66%, seluruh tugas memiliki learnability yang baik, dan safety produk dinilai sudah aman. Pada aspek product emotion, rata-rata keseluruhan emosi positif dan negatif sebesar 3,11 dan 0,66. Berdasarkan pengujian ini, hasil perancangan ulang produk memiliki usability dan product emotion yang lebih baik. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Usability Testing en_US
dc.subject Product Emotion en_US
dc.subject PrEmo2 en_US
dc.subject Evaluasi Produk en_US
dc.subject Perancangan Ulang Produk en_US
dc.title Evaluasi dan perancangan ulang produk striped clipboard berdasarkan aspek usability dan emotion en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610123
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0426059402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account