Abstract:
Semasa sekolah, anak SD sering menuliskan materi pembelajaran pada kertas
HVS, dimana anak-anak mengalami kesulitan menulis lurus. Dari permasalahan tersebut,
pada tahun 2019 telah dikembangkan produk Striped Clipboard yang sudah pada proses
prototyping. Rancangan produk yang berpotensi menjawab permasalahan ini belum
dievaluasi, sehingga berpotensi menimbulkan masalah jika langsung dipasarkan.
Berdasarkan hasil preliminary research, perlu dilakukannya evaluasi terhadap aspek
usability dan product emotion.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi produk Striped Clipboard berdasarkan
aspek usability dan product emotion agar memenuhi kebutuhan pengguna. Terdapat 4
kriteria usability testing yang digunakan yaitu effectiveness, efficiency, learnability, dan
safety. Pengujian kriteria effectiveness dan efficiency menggunakan task completion,
kriteria learnability menggunakan analisis grafik learning curve, dan aspek safety
menggunakan kuesioner. Dalam mengukur product emotion, responden melakukan
penilaian pada animasi-animasi PrEmo2.
Berdasarkan hasil evaluasi, didapatkan effectiveness dan efficiency sebesar
78,57% dan 79,49%, learnability sudah dinilai baik, dan safety produk dinilai berbahaya.
Pada hasil pengujian PrEmo2, rata-rata keseluruhan emosi positif dan negatif sebesar 1,51
dan 2,4. Hasil tersebut dapat dikatakan produk saat ini dianggap cukup mudah digunakan
dan dipelajari, tetapi dianggap membahayakan pengguna. Desain produk dianggap kurang
menimbulkan emosi positif, sehingga produk dianggap kurang menarik bagi anak SD.
Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan perancangan ulang produk. Produk hasil
perancangan ulang memiliki tampilan yang lebih sederhana, desaim fitur yang lebih
memudahkan pengguna dan tampilan yang lebih sesuai dengan seleran pengguna. Hasil
effectiveness dan efficiency sebesar 97,14% dan 89,66%, seluruh tugas memiliki
learnability yang baik, dan safety produk dinilai sudah aman. Pada aspek product emotion,
rata-rata keseluruhan emosi positif dan negatif sebesar 3,11 dan 0,66. Berdasarkan
pengujian ini, hasil perancangan ulang produk memiliki usability dan product emotion yang
lebih baik.