Pemodelan topik dan analisis sentimen ulasan hotel di lokasi destinasi wisata super prioritas

Show simple item record

dc.contributor.advisor Suryadi, Dedy
dc.contributor.author Carana, Metta
dc.date.accessioned 2021-10-14T03:53:16Z
dc.date.available 2021-10-14T03:53:16Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40427
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12460
dc.description 5073 - FTI en_US
dc.description.abstract Sektor pariwisata Indonesia merupakan salah satu sektor dengan kontribusi terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Indonesia juga memiliki visi untuk meningkatkan pariwisata Indonesia lebih jauh lagi. Untuk mencapai visi tersebut, pemerintah menetapkan 5 Destinasi Wisata Super Prioritas yang terdiri dari Borobudur, Labuan Bajo, Toba, Mandalika, dan Likupang untuk dipercepat proses pembangunannya dan digunakan untuk menopang pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia. Perkembangan teknologi memicu meningkatnya e-tourism telah semakin memudahkan konsumen untuk memberikan ulasan terhadap pengalaman mereka secara online pada berbagai platform. Ulasan online ini telah dijadikan referensi oleh 83% pengguna situs TripAdvisor ketika menentukan pilihan sebelum melakukan perjalanan. Hal ini mendorong adanya kesiapan pelaku usaha di sektor pariwisata, terutama para pemilik hotel untuk bisa mengevaluasi kualitas layanan dan melakukan perbaikan berdasarkan ulasan online yang ada. Penelitian dilakukan dengan pertama-tama melakukan pemodelan topik dengan metode latent Dirichlet allocation (LDA) untuk menentukan aspek-aspek yang banyak dibahas pada ulasan. Kemudian kalimat-kalimat ulasan yang ada dipasangkan dengan topik yang sesuai dari model hasil LDA. Tahap terakhir dilakukan analisis sentimen menggunakan lexicon SentiWordNet untuk mengetahui kecondongan sentimen dari setiap kalimat ulasan beserta aspek sentimen apa saja yang dibahas pada kalimat ulasan. Pemodelan topik dengan LDA menghasilkan pembagian aspek ke dalam 4 topik yaitu Kamar, Lokasi, Makanan, serta Staff dan Pengalaman menginap. Hasil analisis sentimen menunjukkan bahwa Hotel Manohara (Borobudur), Luwansa (Labuan Bajo), Samosir Cottages (Toba), dan Yuli’s Homestay (Mandalika) merupakan hotel dengan persentase ulasan negatif tertinggi di setiap lokasi. Proses identifikasi kebutuhan konsumen, pemberian usulan perbaikan, serta hal-hal yang dapat dipertahankan dilakukan untuk 4 hotel tersebut. Sebagai contoh, pada Hotel Manohara, usulan perbaikan mencakup memberikan pelatihan bahas Inggris kepada staff, meningkatkan standar pelayanan terutama segi keramahan, kamar lebih kedap suara dan nyaman, meningkatan variasi makanan, serta pemberian standar waktu penyimpanan makanan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Ulasan online en_US
dc.subject Latent Dirichlet Allocatio en_US
dc.subject SentiWordNe en_US
dc.title Pemodelan topik dan analisis sentimen ulasan hotel di lokasi destinasi wisata super prioritas en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610075
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0419128101
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account