Perancangan user interface aplikasi pemesanan lapangan olahraga di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pratiwi, Loren
dc.contributor.author Hasthabrata, Rahadian Agung
dc.date.accessioned 2021-10-14T01:24:48Z
dc.date.available 2021-10-14T01:24:48Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40564
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12456
dc.description 5210 - FTI en_US
dc.description.abstract Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang mampu menunjang kesehatan. Saat ini, kebanyakan masyarakat yang menggiati olahraga seperti futsal, basket, bulutangkis dan lain-lain membutuhkan sebuah sarana untuk melakukan kegiatan berolahraga, salah satunya dengan melakukan penyewaan lapangan olahraga. Di Kota Bandung, terdapat sekitar 639 lapangan olahraga yang tersedia saat ini. Namun berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan, pengguna menganggap bahwa proses yang harus dijalani untuk melakukan pemesanan lapangan olahraga tidak efisien dikarenakan pengguna tidak dapat melihat langsung jadwal ketersediaan dari lapangan tersebut, sehingga harus datang ke lokasi lapangan olahraga ataupun menghubungi via telepon. Untuk mengatasi masalah ini, akan dirancang sebuah aplikasi yang mampu mewadahi pengguna untuk melakukan pemesanan lapangan olahraga. Penelitian diawali dengan melakukan identifikasi kebutuhan melalui wawancara kepada pengguna dan menghasilkan 7 primary needs. Pada tahap berikutnya, dilakukan perancangan desain alternatif menggunakan metode design workshop yang menghasilkan 3 desain alternatif. Selanjutnya, akan dilakukan pemilihan desain alternatif, menggunakan metode concept scoring. Konsep terpilih akan disempurnakan dengan metode SCAMPER. Berikutnya, dilakukan perancangan high-fidelity prototype menggunakan software Adobe Xd. Prototype yang dihasilkan adalah sebuah user interface aplikasi pemesanan sarana olahraga yang memiliki fitur pencarian lapangan olahraga, menampilkan jadwal ketersediaan lapangan olahraga, split bill bersama pengguna lain, dan pemesanan lapangan secara berlangganan. Nama prototype aplikasi yang telah dirancang adalah Sportaloka. Selanjutnya, akan dilakukan usability testing dengan melihat 5 kriteria yang akan diuji secara kuantitatif. Beradasrkan hasil uji, didapatkan kriteria effectivenes memperoleh nilai sebesar 81,43% dan kriteria efficiency sebesar 82,86%. Dimana kedua nilai ini sudah melewati batas minimum 70%. Selain itu, diperoleh nilai rata-rata SUS sebesar 87,86%, usefullness 4,71, satisfaction 4,55, dan learnability 4.43. Melihat hasil pengujian, prototype sudah dapat dikatakan baik karena telah melebihi nilai minimum 3,5 en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan user interface aplikasi pemesanan lapangan olahraga di Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610216
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0402068701
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account