Evaluasi dan perancangan ulang aplikasi KRL access berdasarkan aspek usability

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yogasara, Thedy
dc.contributor.author Ricky
dc.date.accessioned 2021-10-13T06:47:56Z
dc.date.available 2021-10-13T06:47:56Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40548
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12449
dc.description 5194 - FTI en_US
dc.description.abstract Pada tahun 2019, Jakarta menempati urutan kota termacet kesepuluh di dunia. Salah satu cara untuk mengurangi kemacetan di Jakarta adalah dengan mengembangkan dan memperbaiki sarana transportasi umum yang telah ada. Aplikasi KRL Access yang bertujuan untuk membantu para pengguna belum beroperasi secara optimal. Sejumlah masalah kemampupakaian masih sering ditemui dan menyulitkan para penggunanya. Oleh karena itu, evaluasi dan perancangan ulang harus dilakukan untuk meningkatkan kemampupakaian dari aplikasi. Pengujian kemampupakaian dari aplikasi KRL Access dilakukan menggunakan metode usability testing yang didukung dengan metode thinkaloud dan System Usability Scale (SUS). Proses usability testing tersebut melibatkan 10 orang responden untuk mengidentifikasi masalah pada aplikasi. Pada pengujian tersebut, teridentifikasi 9 masalah kemampupakaian dan penilaian aspek kemampupakaian yang menunjukkan aplikasi masih dibawah standar dan masuk ke dalam kategori “Poor”. Oleh karena itu, perancangan ulang akan dilakukan untuk meningkatkan kemampupakaian dari aplikasi. Proses perancangan ulang tersebut menggunakan metode participatory design workshop yang menghasilkan 3 buah rancangan alternatif konsep dan diseleksi dengan menggunakan concept scoring matrix. Konsep yang terpilih disempurnakan dan difinalisasi dengan bantuan metode SCAMPER hingga dihasilkan final concept untuk dikembangkan ke tahap high-fidelity prototipe. Prototipe yang dihasilkan diuji tingkat kemampupakaiannya dengan menggunakan usability testing didukung dengan metode think-aloud dan SUS. Hasil penelitian menunjukkan semua aspek kemampupakaian yang diuji telah bernilai diatas batas minimum (68%), yaitu aspek efektivitas dengan 90%, efisiensi dengan 84%, kepuasan dengan 89,62%, kemudahan dipelajari dengan 80%, kebergunaan dengan 95% dan usability dengan 87,5% yang masuk ke dalam kategori “Best Imaginable”. Berdasarkan masukan dan saran yang diterima, dilakukan penyempurnaan akhir terhadap prototipe dengan mempertimbangkan dampak yang diberikan terhadap prototipe. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Evaluasi dan perancangan ulang aplikasi KRL access berdasarkan aspek usability en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610210
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412027501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account