Abstract:
Peningkatan jumlah pengguna laptop berdampak pada meningkatnya
permintaan akan laptop. Hal tersebut mengakibatkan persaingan antar produsen
laptop semakin ketat. Produk laptop yang ditawarkan oleh masing-masing
produsen memiliki tipe dan spesifikasi yang berbeda-beda. Di sisi lain, konsumen
juga mempunyai preferensi dalam memilih laptop. Oleh karena itu, spesifikasi
laptop yang ditawarkan harus dipertimbangkan dengan baik oleh produsen laptop
sehingga produk yang dihasilkan dapat sesuai dengan preferensi konsumen dan
menjadikan produk laptop tersebut unggul di pasaran.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap
laptop dengan menggunakan metode adaptive choice-based conjoint (ACBC).
Jumlah atribut laptop yang digunakan sebanyak 12 atribut dengan level sebanyak
2-6 buah. Responden dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan tujuan
penggunaan laptop, yaitu belajar, bekerja, dan hiburan. Kuesioner ACBC
dirancang menggunakan software SSI Web dan disebarkan secara online. Hasil
kuesioner digunakan untuk pengolahan data menggunakan metode hierarchical
bayes dan metode count pada software SSI Web.
Berdasarkan hasil kedua metode tersebut didapatkan bahwa responden
dengan tujuan belajar paling mementingkan atribut storage saat memilih laptop
dengan nilai importance level sebesar 19,28817 dan terdapat dua usulan
kombinasi atribut laptop yang diberikan. Responden dengan tujuan bekerja paling
mementingkan atribut processor dengan nilai importance level sebesar 18,70501
dan terdapat empat usulan yang diberikan. Responden dengan tujuan hiburan
paling mementingkan atribut sistem operasi dengan nilai importance level sebesar
18,34206 dan terdapat empat usulan yang diberikan.