Usulan pemilihan supplier tinta printer pada Toko X menggunakan metode Analytic Network Process (ANP)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tan, Alfian
dc.contributor.author Wiryawan, Kevin
dc.date.accessioned 2021-10-13T03:16:32Z
dc.date.available 2021-10-13T03:16:32Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40460
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12441
dc.description 5106 - FTI en_US
dc.description.abstract Toko X merupakan sebuah usaha retail yang menjual perlengkapan dan aksesoris komputer yang terletak di Kota Bandung. Sekitar 50% dari total pendapatan Toko X berasal dari hasil penjualan tinta printer dan 50% sisanya berasal dari produk lainnya. Untuk mendapatkan produk tinta printer, Toko X bekerja sama dengan Supplier A, Supplier B, dan Supplier C. Supplier A merupakan supplier utama Toko X dan kedua supplier lainnya merupakan supplier cadangan. Toko X beberapa kali mengalami keluhan dari pelanggannya akibat dari tidak tersedianya produk yang dipesan dan beberapa produk yang harus dikembalikan karena cacat. Keluhan yang dialami Toko X diduga disebabkan oleh kurang baiknya performansi supplier utama penyedia tinta printer. Oleh karena itu, perusahaan ingin melakukan evaluasi untuk mempertimbangkan apakah perlu dilakukan penggantian supplier utama. Metode Analytic Network Process (ANP) digunakan untuk memodelkan pemilihan supplier yang dilakukan oleh pengambil keputusan pada Toko X dimana didapatkan 4 kriteria yaitu harga, kualitas, kelengkapan, dan pelayanan. Keempat kriteria tersebut masing-masing memiliki sub kriteria dimana didapatkan total sub krtieria sebanyak 13. Selain itu, terdapat juga hubungan keterkaitan berupa inner dependence dan outer dependence. Terdapat 2 hubungan inner dependence dan 3 hubungan outer dependence. Seluruh kriteria, sub kriteria, dan hubungan keterkaitan ini digunakan dalam pembuatan kuesioner perbandingan berpasangan yang akan dinilai oleh pengambil keputusan yaitu pemilik Toko X. Setelah pengisian sudah dilakukan secara konsisten, dilakukan pengolahan data untuk mendapatkan nilai eigen vector dan consistency ratio dan dilanjutkan untuk mendapatkan nilai supermatrix untuk dapat mengetahui prioritas pemilihan supplier. Pengolahan data ini dilakukan dengan menggunakan software SuperDecisions 2.10. Setelah melakukan pengolahan data, didapatkan prioritas pemilihan yaitu Supplier B dengan bobot 0,40792, Supplier C dengan bobot 0,37295, dan Supplier A dengan bobot 0,21913. Urutan prioritas tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi Toko X untuk melakukan pemilihan supplier. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan pemilihan supplier tinta printer pada Toko X menggunakan metode Analytic Network Process (ANP) en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610192
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0405048801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account