Perancangan strategi supplier relationship management untuk PT. NT pada divisi stamping

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ariningsih, Paulina Kus
dc.contributor.author Setiawan, Axel Diaz
dc.date.accessioned 2021-10-13T02:36:33Z
dc.date.available 2021-10-13T02:36:33Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40513
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12438
dc.description 5159 - FTI en_US
dc.description.abstract PT. NT merupakan salah satu perusahaan supplier utama dari PT. T yang bergerak pada industri otomotif. Barang yang di produksi oleh PT. NT merupakan part mobil yang dibuat dengan menggunakan teknik stamping. Dengan adanya demand yang besar setiap bulannya, PT. NT harus melakukan kerjasama dengan perusahaan lain. Sebagai perusahaan supplier yang dipercaya, PT. NT tidak mungkin langsung mengganti supplier apabila terjadi kesalahan (defect part, delay delivery) dikarenakan biaya yang dikeluarkan untuk mengganti supplier akan besar. Selain itu, kualitas yang dihasilkan supplier baru juga mungkin tidak sebaik supplier kepercayaannya. Maka dari itu, perusahaan perlu menerapkan Supplier Relationship Management (SRM). Penilitian ini merancang strategi SRM untuk ketiga buah perusahaan supplier yang memproduksi part terpenting bagi perusahaan. Perancangan strategi SRM dilakukan melalui empat tahap, yaitu menggunakan metode Five Porter Forces, SWOT Matrix, Roadmap, dan managerial implication. Data yang digunakan dalam perancangan strategi tersebut merupakan data audit perusahaan lima tahun terakhir serta data keadaan di Indonesia sekarang ini. Strategi dalam SWOT Matrix kemudian akan dikelompokkan berdasarkan jangka waktu untuk diterapkannya. Roadmap strategy diancang untuk lima tahun kedepan. Roadmap strategy kemudian akan dianalisis berdasarkan dampak positif dan negatifnya apabila diterapkan kedalam perusahaan supplier sebagai indikasi dari dampak manajerial perusahaan. Dari roadmap strategy yang telah dibuat, didapatkan rata-rata 9 strategi untuk jangka pendek dan 9 strategi untuk jangka panjang bagi ketiga perusahaan. Strategi SRM yang telah di ringkas kedalam roadmap dapat mengatasi beberapa masalah seperti pengurangan defect part, komunikasi antar perusahaan, serta beberapa masalah lainnya. Untuk dapat menerapkan strategi SRM tersebut, maka PT. NT harus terlebih dahulu melakukan negosiasi dengan perusahaan supplier yang bersangkutan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan strategi supplier relationship management untuk PT. NT pada divisi stamping en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610188
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0424028401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account