Usulan strategi pemasaran pada Aliagara untuk mencapai target penjualan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Loice, Romy
dc.contributor.author Eigia, Cabrina
dc.date.accessioned 2021-10-13T02:18:04Z
dc.date.available 2021-10-13T02:18:04Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40567
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12436
dc.description 5213 - FTI en_US
dc.description.abstract Aliagara merupakan suatu bisnis home industry yang menjual minuman ringan dalam bentuk kemasan. Produk yang dijual terdiri dua varian rasa, yaitu thai tea dan green tea. Selain itu juga terdapat 3 pilihan ukuran kemasan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan konsumen. Aliagara merupakan usaha yang masih tergolong baru, dimana usaha ini baru berdiri sejak pertengahan tahun 2019. Hasil penjualan dari Aliagara mulai dari Bulan Juli sampai dengan Bulan Desember belum pernah mencapai target penjualan yang diinginkan oleh pemilik usaha. Hal tersebut diduga karena strategi pemasaran yang belum tepat. Selain itu juga pihak Aliagara tidak memfokuskan produknya ke target pasar yang lebih spesifik. Langkah pertama yang akan dilakukan adalah mengidentifikasi value dari produk berdasarkan hasil wawancara ke 12 responden. Kemudian dilakukan pula segmentasi pasar dan penentuan target pasar. Tahap positioning dilakukan dengan membagikan kuesioner untuk menilai produk Aliagara dibandingkan dengan 2 produk kompetitor yang menjual produk sejenis berdasarkan 12 atribut yang sudah ditentukan. Jumlah data yang diolah lebih lanjut sebanyak 102 buah dan sudah teruji valid dan reliabel. Berdasarkan target pasar yang dituju dan hasil pengolahan data yang dilakukan akan disusun usulan rancangan strategi pemasaran yang baru dengan menggunakan bauran pemasaran, yaitu 4P (Product, Price, Promotion, dan Place). Setiap aspek dalam bauran pemasaran akan diberikan beberapa usulan strategi pemasaran yang berbeda-beda. Dalam aspek produk diberikan 3 usulan, aspek harga diberikan 1 usulan, aspek promosi diberikan 3 usulan, aspek lokasi diberikan 3 usulan. Selain itu juga akan dilakukan evaluasi terkait usulan strategi pemasaran yang baru dengan beberapa kriteria. Kriteria yang digunakan pada tahap evaluasi, yaitu penilaian dari segi kepraktisan, biaya, dan gain. Nilai rata-rata yang didapatkan dari setiap kriteria secara berurutan, diantaranya 7.67, 6.89, dan 7.56. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan strategi pemasaran pada Aliagara untuk mencapai target penjualan en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610187
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0418048102
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account