Abstract:
Aliagara merupakan suatu bisnis home industry yang menjual minuman
ringan dalam bentuk kemasan. Produk yang dijual terdiri dua varian rasa, yaitu thai
tea dan green tea. Selain itu juga terdapat 3 pilihan ukuran kemasan yang dapat
dipilih sesuai dengan kebutuhan konsumen. Aliagara merupakan usaha yang
masih tergolong baru, dimana usaha ini baru berdiri sejak pertengahan tahun
2019. Hasil penjualan dari Aliagara mulai dari Bulan Juli sampai dengan Bulan
Desember belum pernah mencapai target penjualan yang diinginkan oleh pemilik
usaha. Hal tersebut diduga karena strategi pemasaran yang belum tepat. Selain
itu juga pihak Aliagara tidak memfokuskan produknya ke target pasar yang lebih
spesifik. Langkah pertama yang akan dilakukan adalah mengidentifikasi value dari
produk berdasarkan hasil wawancara ke 12 responden. Kemudian dilakukan pula
segmentasi pasar dan penentuan target pasar. Tahap positioning dilakukan
dengan membagikan kuesioner untuk menilai produk Aliagara dibandingkan
dengan 2 produk kompetitor yang menjual produk sejenis berdasarkan 12 atribut
yang sudah ditentukan. Jumlah data yang diolah lebih lanjut sebanyak 102 buah
dan sudah teruji valid dan reliabel. Berdasarkan target pasar yang dituju dan hasil
pengolahan data yang dilakukan akan disusun usulan rancangan strategi
pemasaran yang baru dengan menggunakan bauran pemasaran, yaitu 4P
(Product, Price, Promotion, dan Place). Setiap aspek dalam bauran pemasaran
akan diberikan beberapa usulan strategi pemasaran yang berbeda-beda. Dalam
aspek produk diberikan 3 usulan, aspek harga diberikan 1 usulan, aspek promosi
diberikan 3 usulan, aspek lokasi diberikan 3 usulan. Selain itu juga akan dilakukan
evaluasi terkait usulan strategi pemasaran yang baru dengan beberapa kriteria.
Kriteria yang digunakan pada tahap evaluasi, yaitu penilaian dari segi kepraktisan,
biaya, dan gain. Nilai rata-rata yang didapatkan dari setiap kriteria secara
berurutan, diantaranya 7.67, 6.89, dan 7.56.