Analisis dan usulan peningkatan perilaku penggunaan (use behavior) e-wallet Linkaja berdasarkan model UTAUT 2

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pratiwi, Loren
dc.contributor.author Supardi, Ricky
dc.date.accessioned 2021-10-08T06:22:24Z
dc.date.available 2021-10-08T06:22:24Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40414
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12433
dc.description 5060 - FTI en_US
dc.description.abstract Meningkatnya pertumbuhan transaksi non-tunai di Indonesia mendorong para pelaku bisnis untuk terus berinovasi membuat dompet digital (E-wallet). Dompet digital sangat populer digunakan untuk melakukan pembayaran berbagai macam transaksi dengan cepat, aman, dan praktis hanya menggunakan smartphone saja. LinkAja merupakan salah satu brand E-wallet yang telah mendapat izin resmi dari Bank Indonesia untuk bertransaksi. Meskipun LinkAja merupakan produk dari gabungan beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sejak tahun 2017, namun faktanya LinkAja memiliki pengguna aktif yang paling sedikit dibandingkan E-wallet lainnya seperti Go-Pay, OVO dan terutama DANA yang baru muncul pada tahun 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi penggunaan E-wallet LinkAja dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2) yang dikembangkan oleh Venkatesh et al pada tahun 2012 dengan memfokuskan pada variabel performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, hedonic motivation, price value, dan habit terhadap behavioral intention. Serta variabel facilitating condition, habit, dan behavioral intention terhadap use behavior. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif yang menggunakan Partial Least Square-Scructural Equation Model (PLS-SEM) dengan 144 sampel pengguna LinkAja. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu, social influence dan habit berpengaruh secara signifikan terhadap behavioral intention. Variabel facilitating condition, habit, dan behavioral intention berpengaruh secara signifikan terhadap use behavior. Variabel performance expectancy, effort expectancy, facilitating condition, hedonic motivation, dan price value tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap behavioral intention. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject E-wallet en_US
dc.subject UTAUT 2 en_US
dc.subject Linkaja en_US
dc.subject SEM-PLS en_US
dc.title Analisis dan usulan peningkatan perilaku penggunaan (use behavior) e-wallet Linkaja berdasarkan model UTAUT 2 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610185
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0402068701
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account