Analisis rancangan perangkat Flight Information Display System (FIDS) menggunakan eye tracking untuk bandara di Indonesia

Show simple item record

dc.contributor.advisor Theopilus, Yansen
dc.contributor.author Melissa, Emanuele
dc.date.accessioned 2021-10-08T04:00:13Z
dc.date.available 2021-10-08T04:00:13Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40439
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12432
dc.description 5085 - FTI en_US
dc.description.abstract Di tahun 2019, kontribusi sektor transportasi udara menjadi salah satu dari 2 jenis transportasi dengan nilai kontribusi terbesar dalam perekonomian bangsa Indonesia, yaitu 38,12%. Laporan data PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II menunjukkan jumlah keberangkatan pesawat dan penumpang relatif mengalami peningkatan dari tahun 2014- 2018. Flight Information Display System (FIDS) merupakan salah satu sistem informasi penting dan wajib di bandar udara. Perangkat tersebut memiliki fungsi utama menampilkan informasi status penerbangan kepada para penumpang pesawat. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan efisiensi waktu para penumpang dalam mengetahui informasi status penerbangan. Untuk memperoleh efisiensi waktu tersebut, sisi ergonomis dari visual display perangkat FIDS diperhatikan untuk meningkatkan kemudahan interaksi para penumpang dengan perangkat tersebut. Dalam mengidentifikasi perancangan perangkat FIDS, metode eksperimen yang digunakan adalah desain faktorial. Peneliti melibatkan 3 faktor yang dianggap mempengaruhi efisiensi waktu pembacaan, yaitu kombinasi warna background dan tulisan, susunan baris, serta susunan kolom. Ketiga faktor memiliki jumlah level yang berbeda. Jumlah perlakuan yang terbentuk adalah 16 perlakuan. Pengumpulan data melibatkan partisipan dengan jenis mixed design subject. Dua buah data yang dikumpulkan merupakan indikator dari efisiensi waktu, yaitu “Time to First Fixation” dan “Total Fixation”. Setiap kelompok faktor pada kedua data akan diuji perbedaan reratanya menggunakan uji ANOVA. Kelompok faktor yang memiliki perbedaan rerata akan diuji kembali dengan uji post-hoc untuk menentukan kelompok faktor mana yang memiliki perbedaan signifikan terhadap efisiensi waktu. Berdasarkan hasil pengujian Mixed Design ANOVA dan uji post-hoc untuk kedua data, dihasilkan kesamaan level faktor kombinasi warna background dan tulisan dengan efisiensi waktu terbaik adalah kombinasi warna gelap pada background dan terang pada tulisan, sedangkan untuk level faktor susunan kolom adalah kolom “Flight-Time- Destination”. Untuk faktor susunan baris, hasil ANOVA pada kedua data memiliki hasil yang berbeda. Maka dari itu, dilakukan analisa kualitatif terkait level faktor susunan baris dengan hasil efisiensi waktu terbaik. Analisis kualitatif yang dimaksud berupa heatmaps dan gaze plot. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa baris berdasarkan abjad nomor maskapai merupakan level terbaik karena bagian visual display perangkat FIDS dengan frekuensi fiksasi tertinggi ditempatkan sesuai pada titik awal alur pembacaan partisipan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Visual Display en_US
dc.subject Flight Information Display System (FIDS) en_US
dc.subject Eye Tracking en_US
dc.subject Airport en_US
dc.subject Mixed Design ANOVA en_US
dc.title Analisis rancangan perangkat Flight Information Display System (FIDS) menggunakan eye tracking untuk bandara di Indonesia en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610183
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account