Upaya peningkatan tingkat okupansi Hotel X berdasarkan model niat beli konsumen

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wibisono, Yogi Yusuf
dc.contributor.author Giovani, Ivena
dc.date.accessioned 2021-10-08T01:30:47Z
dc.date.available 2021-10-08T01:30:47Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40399
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12425
dc.description 5045 - FTI en_US
dc.description.abstract Industri pariwisata di Indonesia merupakan industri yang terus berkembang. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke tempat-tempat wisata di Indonesia. Salah satu kota di Indonesia yang memiliki daya tarik wisata yang tinggi adalah Kota Bandung. Peningkatan jumlah wisatawan ke Kota Bandung menunjukkan adanya peluang bisnis di bidang akomodasi. Hal ini dapat terlihat dari jumlah hotel berbintang di Kota Bandung yang terus bertambah. Tingginya jumlah hotel mengakibatkan persaingan yang ketat di bidang akomodasi. Hotel X merupakan salah satu hotel penyedia jasa penginapan yang terletak di Jalan Cihampelas. Sejak tahun 2016, Hotel X tidak mampu mencapai target okupansi yang ditetapkan. Selain itu, Hotel X juga memiliki okupansi yang berada dibawah rata-rata tingkat okupansi hotel di Kota Bandung. Hal ini diduga terjadi karena rendahnya niat konsumen untuk menginap di Hotel X. Oleh karena itu, perbaikan diperlukan agar dapat meningkatkan okupansi Hotel X. Langkah awal penelitian dilakukan dengan menyusun model dan menentukan variabel dan atribut yang diduga mempengaruhi niat konsumen untuk menginap pada hotel. Hal ini didasari oleh penelitian serupa yang telah dilakukan sebelumnya. Selanjutnya, perancangan dan penyebaran kuesioner dilakukan dan hasilnya diuji dengan metode PLS-SEM. Selain itu, tingkat niat konsumen untuk menginap di Hotel X dilakukan dengan menghitung rata-rata dari variabel terkait. Hasil pengujian menunjukkan model telah valid dan reliabel. Berdasarkan nilai path coefficient, variabel yang berpengaruh terhadap niat beli konsumen adalah persepsi nilai, kepercayaan terhadap hotel, dan citra dari suatu merek. Variabel persepsi nilai diperngaruhi oleh variabel kualitas dan harga, serta variabel kepercayaan terhadap hotel dipengaruhi oleh variabel online review. Usulan perbaikan sebanyak 9 usulan diberikan kepada pihak Hotel X sebagai upaya peningkatan tingkat okupansi. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Upaya peningkatan tingkat okupansi Hotel X berdasarkan model niat beli konsumen en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610174
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417057401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account