Usulan perbaikan pada online grocery shopping Toserba X berdasarkan model intensi penggunaan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.author Vania, Christa
dc.date.accessioned 2021-10-06T06:05:56Z
dc.date.available 2021-10-06T06:05:56Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40444
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12418
dc.description 5090 - FTI en_US
dc.description.abstract Toserba X adalah salah satu perusahaan yang mendominasi penjualan kebutuhan sehari-hari baik produk bahan makanan, keperluan rumah tangga, hingga pakaian di Kota Bandung. Untuk dapat terus meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggannya, toserba X terus mengembangkan layanan yang ditawarkan kepada pasar, salah satunya adalah layanan Online Grocery Shopping (OGS). Pada tahun 2019, target jumlah pengunjung situs web OGS dari toserba X dan jumlah konsumen baru yang berbelanja melalui OGS tidak memenuhi target. Untuk itu, pada tahun 2020 toserba X ingin meningkatkan performansi layanan OGS yang mereka miliki untuk dapat meningkatkan intensi penggunaan OGS pada target pasarnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengidentifikasi faktor apa saja yang mempengaruhi niat seseorang dalam menggunakan OGS untuk berbelanja produk kebutuhan sehari-hari. Model penelitian yang digunakan merupakan adaptasi dari Technology Acceptance Model (TAM) dengan penambahan variabel perceived risk, social influence, visibility dan compatibility. Sedangkan model TAM terdiri dari variabel perceived ease of use dan perceived usefulness. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode survei menggunakan kuesioner daring yang diisi oleh 141 responden. Pengujian model penelitian dilakukan dengan metode PLS-SEM. Hasil pengujian model menunjukkan bahwa intensi penggunaan OGS secara signifikan dipengaruhi oleh perceived usefulness (0,43), perceived ease of use (0,239), compatibility (0,494), perceived risk (-0,154), dan social influence (0,236). Usulan peningkatan intensi penggunaan disusun berdasarkan analisis matriks Importance- Performance guna mengetahui variabel apakah yang harus menjadi prioritas dalam proses perbaikan. Usulan perbaikan yang telah diterima oleh pihak Toserba X meliputi perancangan konten pemasaran, penyediaan pick up point, pengadaan giveaway untuk ulasan konsumen, pengembangan fitur blog, penambahan web tour, pengembangan SEO, penambahan tarif pengiriman khusus jarak dekat, dan pengembangan mobile app untuk pemesanan dan melacak pesanan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perbaikan pada online grocery shopping Toserba X berdasarkan model intensi penggunaan en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610163
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417107601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account