Usulan bauran pemasaran berdasarkan segmentation, targeting, dan positioning untuk meningkatkan penjualan usaha Dimasakin.mami

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pratiwi, Loren
dc.contributor.author Pradana, Tristan Adi
dc.date.accessioned 2021-10-06T04:52:28Z
dc.date.available 2021-10-06T04:52:28Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40521
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12417
dc.description 5167 - FTI en_US
dc.description.abstract Usaha Dimasakin.Mami adalah usaha bidang kuliner yang menjual makanan berupa sambal dengan aneka rasa, cumi pete sambal hijau dan cakalang suwir yang bergerak secara online. Berdasarkan data penjualan, diketahui adanya kekurangan penjualan dari target yang ditentukan. Hal ini diduga karena usaha Dimasakin.Mami masih baru serta kalah bersaing dengan usaha yang sudah memiliki nama dan menjual produk serupa. Selain itu, belum diketahui secara jelas mengenai pemasarannya yaitu tentang segmentasi, target pasar, dan posisi usaha terhadap pasar. Penelitian dilakukan untuk menentukan metode pemasaran yang tepat bagi usaha Dimasakin.Mami. Sebagai dasar dalam pemasaran, diteliti mengenai karakteristik calon konsumen dengan menyebarkan kuesioner. Hasil kuesioner kemudian diolah dengan metode KMeans Clustering sehingga diketahui segmentasi pasar. Dihasilkan 5 segmen dengan karakteristik segmen 1 adalah pembeli karena kebutuhan, segmen 2 adalah pembeli karena mengikuti trend atau rekomendasi seseorang, segmen 3 adalah pembeli yang tidak banyak berpikir untuk memilih produk, segmen 4 adalah pembeli yang sensitif terhadap harga, dan segmen 5 adalah pembeli yang mencari variasi produk (variety-seeking). Segmen 2 terpilih sebagai target pasar, dengan positioning ditentukan berdasarkan pointof- difference. Diusulkan bauran pemasaran untuk usaha yang bergerak secara online yaitu 4P + P2C2S3 yang terdiri dari Product, Price, Place, Promotion, Personalization, Privacy, Customer Service, Community, Site, Security, dan Sales Promotion. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan bauran pemasaran berdasarkan segmentation, targeting, dan positioning untuk meningkatkan penjualan usaha Dimasakin.mami en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610161
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0402068701
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account