Abstract:
Usaha Dimasakin.Mami adalah usaha bidang kuliner yang menjual makanan
berupa sambal dengan aneka rasa, cumi pete sambal hijau dan cakalang suwir yang
bergerak secara online. Berdasarkan data penjualan, diketahui adanya kekurangan
penjualan dari target yang ditentukan. Hal ini diduga karena usaha Dimasakin.Mami masih
baru serta kalah bersaing dengan usaha yang sudah memiliki nama dan menjual produk
serupa. Selain itu, belum diketahui secara jelas mengenai pemasarannya yaitu tentang
segmentasi, target pasar, dan posisi usaha terhadap pasar. Penelitian dilakukan untuk
menentukan metode pemasaran yang tepat bagi usaha Dimasakin.Mami.
Sebagai dasar dalam pemasaran, diteliti mengenai karakteristik calon konsumen
dengan menyebarkan kuesioner. Hasil kuesioner kemudian diolah dengan metode KMeans
Clustering sehingga diketahui segmentasi pasar. Dihasilkan 5 segmen dengan
karakteristik segmen 1 adalah pembeli karena kebutuhan, segmen 2 adalah pembeli
karena mengikuti trend atau rekomendasi seseorang, segmen 3 adalah pembeli yang tidak
banyak berpikir untuk memilih produk, segmen 4 adalah pembeli yang sensitif terhadap
harga, dan segmen 5 adalah pembeli yang mencari variasi produk (variety-seeking).
Segmen 2 terpilih sebagai target pasar, dengan positioning ditentukan berdasarkan pointof-
difference. Diusulkan bauran pemasaran untuk usaha yang bergerak secara online yaitu
4P + P2C2S3 yang terdiri dari Product, Price, Place, Promotion, Personalization, Privacy,
Customer Service, Community, Site, Security, dan Sales Promotion.