Usulan rute kendaraan dinas perindustrian dan energi seksi penerangan jalan DKI Jakarta menggunakan genetic algorithm

Show simple item record

dc.contributor.advisor Setiawan, Fran
dc.contributor.advisor Tjandra, Sugih Sudharma
dc.contributor.author Salsabila, Hanoum
dc.date.accessioned 2021-10-01T07:36:19Z
dc.date.available 2021-10-01T07:36:19Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40462
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12411
dc.description 5108 - FTI en_US
dc.description.abstract Dinas Perindustrian dan Energi adalah unsur pelaksana otonomi daerah pada bidang industri dan energi. Bidang Pencahayaan Kota ialah unit kerja pada lini Dinas Perindustrian dan Energi dalam pelaksanaan pencahayaan kota. Salah satu seksi pada Bidang Pencahayaan Kota ialah Seksi Penerangan Jalan. Seksi Penerangan Jalan merupakan satuan kerja Bidang Pencahayaan Kota dalam melaksanakan penerangan jalan. Salah satu kunci dalam melakukan perencanaan pengaturan tugas ialah menerapkan perencanaan terkait rute kendaraan. Tidak terdapat standar rute yang ditetapkan dalam melakukan kegiatan operasional di lapangan untuk keseluruhan shift. Hal tersebut akan menyebabkan keseluruhan anggota titik tidak dikunjungi dan titik yang dikunjungi hanya di jalan protokol saja. Titik lampu yang ada di keseluruhan Kota Administrasi Jakarta Pusat sangat banyak yaitu berjumlah 2196, maka penelitian hendak dibatasi pada Kecamatan Senen. Kecamatan Senen memiliki 274 buah titik lampu dengan 130 buah titik lampu pada jalan protokol. Terdapat 3 buah shift yaitu 00.00-08.00, 08.00-16.00, dan 16.00-24.00 serta memiliki 2 buah mobil pick up untuk masing-masing kecamatan. Permasalahan terkait penentuan rute kendaraan yang perlu ditempuh oleh tim operasional pada Seksi Penerangan Jalan dapat dimodelkan dengan Multiple Traveling Salesmen Problem dengan priority node dan batasan jam kerja untuk node yang memiliki prioritas serta model Multiple Traveling Salesmen Problem dengan batasan jam kerja untuk node yang tidak memiliki titik prioritas. Metode yang digunakan ialah gabungan antara metode pendekatan heuristik nearest neighbour dan metode pendekatan metaheuristik genetic algorithm. Proses perhitungan rute kendaraan menggunakan software Matlab dengan fungsi objektif berupa minimasi waktu tempuh kendaraan. Dibuat 3 buah keputusan terkait perhitungan rute kendaraan. Dilakukan pengujian parameter terhadap 2 buah parameter yaitu jumlah populasi dan jumlah generasi menggunakan metode design of experiment. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa jumlah populasi dan jumlah generasi yang semakin besar kemungkinan besar akan meningkatkan performansi namun waktu running program pun akan semakin lama. Untuk seluruh keputusan, didapatkan bahwa total waktu paling minimum dicapai saat jumlah populasi 128 dan jumlah generasi 1500. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengurangan waktu sebesar 47% untuk keputusan 1, 32% untuk keputusan 2 dan 30% untuk keputusan 3. Jumlah titik yang dikunjungi pada kondisi awal untuk keputusan 1, keputusan 2, dan keputusan 3 berturut-turut 130, 130 dan 135, pada kondisi usulan jumlah titik yang dikunjungi menjadi berturut-turut 274, 130, dan 274. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan rute kendaraan dinas perindustrian dan energi seksi penerangan jalan DKI Jakarta menggunakan genetic algorithm en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610159
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0403119102
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0424077103
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account