Studi eksploratori hubungan atribut posting terhadap jumlah like pada akun Instagram coffee shop

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ariningsih, Paulina Kus
dc.contributor.advisor Suryadi, Dedy
dc.contributor.author Wiguna, Steven Adi
dc.date.accessioned 2021-10-01T06:53:09Z
dc.date.available 2021-10-01T06:53:09Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40430
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12409
dc.description 5076 - FTI en_US
dc.description.abstract Tingginya pertumbuhan media sosial Instagram sebagai media pemasaran di Indonesia telah berdampak pada tingginya persaingan aktivitas pemasaran. Salah satu dampaknya dapat dirasakan oleh kedai kopi yang menunjukkan pertumbuhan yang tinggi di Indonesia. Pada Instagram, parameter kesuksesan customer engagement dapat diukur melalui jumlah like. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui fitur-fitur pada posting di Instagram yang dapat memengaruhi jumlah like, serta mengukur besar pengaruh setiap fitur tersebut. Pada penelitian juga akan dibahas implikasi manajerial dari hasil yang didapat. Melalui studi literatur, didapatkan 10 fitur yang diduga mempengaruhi jumlah like pada suatu post di Instagram. Fitur-fitur tersebut kemudian dimodelkan menggunakan decision tree dengan data input sejumlah 20.150 data respon terhadap 400 gambar yang diambil dari 7 akun kedai kopi di Instagram. Respon dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur jumlah like dan tidak like dari 400 gambar dengan nama akun dan tanpa nama akun. Pengolahan data kemudian dilakukan pada Python untuk mendapat model decision tree dengan akurasi tertinggi dan feature importance setiap fitur. Hasil pemodelan decision tree menunjukkan adanya pengaruh dari 8 fitur. Nilai importance setiap fitur yaitu, fitur “produk” sebesar 35,79%, fitur “saturasi” sebesar 18,02%, fitur “warna dominan” sebesar 15,05%, fitur “warna” sebesar 9,4%, fitur “produk dan user” sebesar 7,58%, fitur “kecerahan” sebesar 7,01%, fitur “quotes” sebesar 6,84%, dan fitur “brand” sebesar 0,3%. Pada salah satu implementasi, jumlah like tinggi dapat diperoleh dengan melakukan posting gambar produk dengan nilai warna rata-rata ≤ 45,36 dan nilai saturasi rata-rata ≤ 15,5%. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Instagram en_US
dc.subject Kedai Kopi en_US
dc.subject Jumlah Like en_US
dc.subject Machine Learning en_US
dc.subject Decision Tree en_US
dc.title Studi eksploratori hubungan atribut posting terhadap jumlah like pada akun Instagram coffee shop en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610157
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0424028401
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0419128101
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account