Usulan perbaikan pada Toko Mas X berdasarkan model pembelian

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.author Sucipto, Mitchell Kevin
dc.date.accessioned 2021-09-29T03:30:53Z
dc.date.available 2021-09-29T03:30:53Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40394
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12386
dc.description 5040 - FTI en_US
dc.description.abstract Toko Mas X merupakan usaha keluarga yang menjual perhiasan emas dengan target pasar kalangan menengah ke bawah di daerah Kabupaten tegal, tepatnya di dekat Pasar Banjaran. Sejak tahun 1950, Toko Mas X selalu konsisten dalam menyediakan berbagai macam perhiasan emas, baik untuk dipakai maupun sebagai alat investasi. Namun, seiring dengan majunya zaman, pesaing semakin banyak sehingga akhir-akhir ini, Toko Mas X kesulitan untuk memenuhi target penjualannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa yang bisa mempengaruhi pembeli untuk membeli perhiasan terutama di Toko Mas X. Berdasarkan beberapa literatur yang sesuai dengan penelitian, ada tujuh faktor yang diduga mempengaruhi pembelian perhiasan. Ketujuh faktor tersebut adalah citra merek, harga, promosi, pelayanan, kualitas produk, kebutuhan investasi, dan kebutuhan gaya hidup. Kuesioner disusun berdasarkan ketujuh faktor tersebut dan disebarkan kepada responden yang merupakan target pasar toko. Terdapat 138 data yang terkumpul dan diolah dengan metode PLS-SEM. Tahapan metode ini ada dua, yaitu melakukan evaluasi model pengukuran untuk mengetahui validitas dan reliabilitas dari indikator penelitiannya, dan melakukan evaluasi model struktural untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap pembelian perhiasan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua faktor yang terbukti berpengaruh positif terhadap pembelian, yaitu kebutuhan gaya hidup dan kualitas produk, serta satu faktor yang terbukti berpengaruh negatif terhadap pembelian, yaitu kebutuhan investasi. Dari ketiga faktor yang terbukti memberikan pengaruh, diberikan sepuluh usulan yang akan dievaluasi. Kesepuluh usulan tersebut diterima pemilik untuk diterapkan di tokonya dan diharapkan usulan tersebut dapat meningkatkan tingkat penjualan sehingga pemilik bisa memenuhi target penjualan perhiasan di tokonya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject PLS-SEM en_US
dc.subject Toko Mas en_US
dc.subject Pembelian en_US
dc.title Usulan perbaikan pada Toko Mas X berdasarkan model pembelian en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610130
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417107601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account