Abstract:
Perubahan era konvensional menuju era media digital semakin pesat. Pada
tahun 2020, terdapat 187.100.000 orang dari pengguna internet berusia 18 tahun ke atas
atau sekitar 69% dari penduduk Indonesia. Hal tersebut dapat memberikan peluang bagi
industri pendidikan untuk memasarkan dan mengenalkan Institusi kepada para pengguna
Internet dengan usia 18 tahun ke atas. Universitas Katolik Parahyangan merupakan salah
satu Institusi pendidikan yang telah menjalankan pemasaran digital. Meskipun demikian,
terjadi penurunan jumlah penerimaan mahasiswa baru dari tahun 2016 hingga tahun 2020.
Oleh sebab itu, perlu dilakukan evaluasi terkait strategi pemasaran digital yang telah
dijalankan. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan Competitive Profile Matrix (CPM)
yang disesuaikan dengan kompetitor. Berdasarkan faktor keberhasilan, dan bobot yang
telah ditentukan serta penilaian dari pimpinan universitas dan program studi terkait,
diperoleh 1 CPM universitas dan 11 CPM program studi. Nilai CPM tersebut kemudian
diolah menggunakan matriks Strategic Planning and Action Evaluation (SPACE) untuk
mengevaluasi dan menyusun strategi yang akan digunakan. Berdasarkan hasil evaluasi
dan perancangan strategi, terdapat indikator penting yang dievaluasi untuk mendapatkan
faktor penentu keberhasilan. Usulan strategi diidentifikasi berdasarkan faktor penetu
keberhasilan dan diusulkan sesuai dengan perhitungan SPACE matrix. Untuk level
Universitas, strategi pemasaran diarahkan menuju profil agresif. Sementara pada level
program studi, usulan strategi yang diberikan sebanyak 9 program studi menuju arah profil
agresif, satu program studi ke arah profil kompetitif, dan satu program studi ke arah profil
konservatif. Usulan perbaikan yang diberikan diharapkan dapat meningkatkan jumlah
minat dan pendaftar para siswa pada Universitas Katolik Parahyangan.