Analisis dan usulan peningkatan niat mengunduh aplikasi perencanaan keuangan X

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.author Sandjaja, Christian
dc.date.accessioned 2021-09-24T01:41:07Z
dc.date.available 2021-09-24T01:41:07Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40443
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12373
dc.description 5089 - FTI en_US
dc.description.abstract Perusahaan X merupakan salah satu penyedia layanan perencanaan keuangan dalam bentuk aplikasi. Pada tahun 2019, jumlah pengunduh baru aplikasi Perusahaan X mengalami tren penurunan. Perusahaan ingin meningkatkan jumlah pengunduh barunya di tahun 2020. Hal tersebut mengindikasikan bahwa jika masalah penurunan tidak diselesaikan, maka Perusahaan X tidak dapat mencapai targetnya di tahun 2020. Pihak Perusahaan X terus melakukan upaya untuk meningkatkan jumlah pengunduh barunya. Namun, perusahaan tidak mengetahui secara pasti faktor yang mempengaruhi niat mengunduh seseorang sehingga upaya yang telah dilakukan menjadi tidak efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat mengunduh aplikasi perencanaan keuangan. Faktor-faktor tersebut dijadikan dasar untuk merumuskan rancangan usulan. Model penelitian dikembangkan berdasarkan model Unified Theory of Acceptance and Use Technology 2 (UTAUT 2) dengan menambahkan variabel rating dan product knowledge. Variabel UTAUT 2 terdiri dari performance expectancy, effort expectancy, facilitating condition, social influence, habit, hedonic motivation, dan price value. Terdapat 9 variabel dalam model yang diduga memengaruhi secara positif niat mengunduh aplikasi perencanaan keuangan. Data dikumpulkan dengan metode survei dan mendapatkan 170 responden. Pengujian model pengukuran dan model struktural dilakukan dengan menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian ini adalah menghasilkan tiga variabel yang berpengaruh signifikan terhadap niat mengunduh aplikasi perencanaan keuangan. Variabel tersebut adalah rating, product knowledge, dan performance expectancy. Usulan dirancang berdasarkan Importance-Performance Matrix (IPMA) untuk mengetahui prioritas perbaikan. Terdapat tujuh buah usulan yang mencakup ketiga variabel dan telah didiskusikan bersama pihak perusahaan. Hasil diskusi menghasilkan 6 buah usulan diterima dan 1 buah usulan terkonfirmasi. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Aplikasi perencanaan keuangan en_US
dc.subject Unified Theory of Acceptance and Use Technology 2 (UTAUT 2) en_US
dc.subject Rating en_US
dc.subject Product Knowledge en_US
dc.title Analisis dan usulan peningkatan niat mengunduh aplikasi perencanaan keuangan X en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610113
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417107601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account