Usulan untuk menumbuhkan minat membeli mobil listrik

Show simple item record

dc.contributor.advisor Loice, Romy
dc.contributor.author Tjahja, Yosua
dc.date.accessioned 2021-09-22T06:24:21Z
dc.date.available 2021-09-22T06:24:21Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40517
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12366
dc.description 5163 - FTI en_US
dc.description.abstract Pada zaman sekarang ini, diperlukan langkah untuk mengurangi polusi udara yang salah satunya dapat melalui penggunaan mobil listrik. Pemerintah Indonesia pada saat ini telah memiliki target penyebaran mobil listrik dengan jumlah 400.000 unit tersebar di Indonesia pada tahun 2025. Hal ini mengingat peringkat jumlah penduduk Indonesia berada di posisi keempat dunia tapi persentase persebaran mobil listrik di Indonesia masih sangat kecil. Untuk mendukung peningkatan penyebaran mobil listrik, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pengaruh yang dapat membuat seseorang minat membeli mobil listrik. Model penelitian yang digunakan yaitu model yang sudah diuji dan digunakan dalam beberapa referensi serta tepat untuk memenuhi tujuan penelitian. Hal ini dikarenakan model penelitian ini melihat minat beli mobil listrik sebagai variabel dependen yang akan dipengaruhi oleh faktor behavior attitude, subjective norm, dan perceived behavior control sebagai variabel independen. Instrumen pengukuran faktor-faktor tersebut berupa kuesioner yang divalidasi dengan metode PLS-SEM. Hasil dari penyebaran kuesioner, didapatkan 152 data responden. Berdasarkan dari pengolahan data, memperlihatkan bahwa variabel behavior attitude, subjective norm, dan perceived behavior control memiliki pengaruh terhadap minat beli mobil listrik dengan nilai path coefficient secara berturut-turut 0.156, 0.424, dan 0.332. Selain itu juga dilakukan pengolahan data variabel kontrol dan focus group discussion (FGD) untuk mendapatkan usulan yang tepat dan sesuai dengan keperluan masyarakat Indonesia terhadap mobil listrik. Berdasarkan usulan yang didapatkan, terdapat 13 usulan yang dapat diberikan kepada pemerintah dalam upaya penyebaran mobil listrik di Indonesia. Usulan-usulan tersebut secara garis besar berkaitan dengan penyebaran informasi mobil listrik yang lebih masif melalui semua lini media, penyediaan tempat pengisian daya yang mudah dijangkau, harga pengisian daya dan suku cadang yang murah, dan penerapan subsidi pemerintah yang lebih ditingkatkan terhadap mobil listrik. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan untuk menumbuhkan minat membeli mobil listrik en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610106
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0418048102
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account