Evaluasi dan perancangan ulang interactive digital learning environment Universitas Katolik Parahyangan menggunakan usability testing

Show simple item record

dc.contributor.advisor Theopilus, Yansen
dc.contributor.author Noor, Vicky Rizky
dc.date.accessioned 2021-09-22T03:23:38Z
dc.date.available 2021-09-22T03:23:38Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40499
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12359
dc.description 5145 - FTI en_US
dc.description.abstract Teknologi sangat dibutuhkan manusia, termasuk teknologi informasi. Teknologi informasi memudahkan dunia pendidikan dalam memberikan pelayanan dan dapat menjadi jembatan antara dosen dan mahasiswa dalam hal pemberian materi serta sarana interaksi. IDE merupakan sebuah teknologi informasi dalam dunia pendidikan yang dimiliki UNPAR dengan tujuan untuk kegiatan pembelajaran. Menurut data yang dimiliki oleh LPPK UNPAR pada tahun 2019, hanya 15 dari 24 fitur yang digunakan pada IDE. Melihat utilitas yang belum maksimal, diduga IDE memiliki masalah usability. Ditemukan juga keluhan mengenai usability terhadap IDE saat peneliti melakukan wawancara. Hal ini mendorong peneliti melakukan usability testing. Usability testing dilakukan dengan memperhatikan aspek effectiveness, efficiency, learnability, dan satisfaction. Metode untuk mengukur effectiveness dan efficiency menggunakan task completion. System Usability Scale (SUS) digunakan untuk mengukur satisfaction. Uji komparatif Mann-Whitney digunakan untuk mengukur learnability. Pengujian dilakukan terhadap dua segmen pengguna IDE, yaitu mahasiswa dan asisten/dosen. Responden mahasiswa mendapatkan nilai effectiveness 73,86%, efficiency 63,63%, satisfaction 50,625. Responden asisten/dosen mendapatkan nilai effectiveness 77,5%, efficiency 48,75%, satisfaction 41,25. Waktu penyelesaian tugas responden berbeda signifikan sehingga kemudahan dalam menggunakan IDE mahasiswa atau asiten/dosen kurang baik. Berdasarkan hasil usability testing untuk IDE saat ini, dibuatlah rancangan usulan untuk meningkatkan usability dan menghilangkan usability problem. Rancangan usulan dievaluasi menggunakan metode serupa pada usability testing IDE saat ini. IDE mahasiswa mendapatkan nilai effectiveness 94,32%, efficiency 95,45%, satisfaction 87,187. IDE asisten/dosen mendapatkan nilai effectiveness 92,5%, efficiency 93,75%, satisfaction 83,75. Waktu penyelesaian tugas responden tidak berbeda signifikan sehingga kemudahan dalam menggunakan IDE mahasiswa atau asiten/dosen sudah baik. Dapat disimpulkan rancangan usulan memiliki usability yang baik. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Usability Testing en_US
dc.subject Desain interaksi en_US
dc.subject User Interface en_US
dc.subject Task Completion en_US
dc.subject Interactive Digital Environment en_US
dc.subject Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.title Evaluasi dan perancangan ulang interactive digital learning environment Universitas Katolik Parahyangan menggunakan usability testing en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610098
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0426059402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account