Perancangan sistem informasi pada bagian pembelian, penjualan, dan penyimpanan pada CV. Ruchi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sandy, Ignatius A.
dc.contributor.author Munthaha, Tubagus Iman
dc.date.accessioned 2021-09-17T07:19:47Z
dc.date.available 2021-09-17T07:19:47Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp40520
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12348
dc.description 5166 - FTI en_US
dc.description.abstract CV. Ruchi merupakan sebuah perusahaan glassware (barang pecah belah) yang bergerak dibidang produksi alat laboratorium. Barang yang diproduksi oleh CV. Ruchi merupakan barang yang dapat disesuaikan oleh keinginan pelanggan baik dari spesifikasi maupun dari segi desain. Dalam menjalankan proses bisnis bisnisnya saat ini, terdapat beberapa permasalahan yang dapat memberikan dampak kerugian secara waktu, tenaga, dan biaya pada perusahaan. Permasalahan tersebut diantaranya adalah keterlambatan memenuhi pesanan konsumen sesuai waktu yang telah disepakati dan terjadinya overstock atau stockout bahan baku. Masalah yang dialami perusahaan terjadi karena tidak adanya informasi mengenai persediaan bahan baku secara aktual, sulitnya mencari informasi yang dibutuhkan untuk pemenuhan pesanan konsumen, serta informasi yang tidak tersampaikan dengan baik. Permasalahan tersebut menandakan pentingnya sistem informasi yang dapat menunjang proses bisnis perusahaan dengan baik. Dalam mengatasi masalah tersebut, dilakukan perancangan sistem informasi menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC). Metode SDLC terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap analisis, tahap perancangan, dan tahap implementasi. Pada tahapan perencanaan dilakukan identifikasi masalah proses bisnis saat ini. Pada tahap analisis dilakukan identifikasi kebutuhan informasi dan ditentukan kriteria performansi sistem. Pada tahapan perancangan diberikan usulan proses bisnis, dekomposisi fungsi, pembuatan context diagram serta Data Flow Diagram (DFD), pembuatan basis data, dan normalisasi data. Dalam tahapan implementasi dibuat kamus data, user interface dan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk aktivitas yang membutuhkan. Hasil dari penelitian yang dilakukan menggunakan metode SDLC adalah usulan perbaikan proses bisnis, basis data, user interface dan Standar Operasional Prosedur (SOP). Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat menjadi tools untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada CV.Ruchi. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan sistem informasi pada bagian pembelian, penjualan, dan penyimpanan pada CV. Ruchi en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610082
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417086803
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account