Abstract:
CV. Ruchi merupakan sebuah perusahaan glassware (barang pecah belah) yang
bergerak dibidang produksi alat laboratorium. Barang yang diproduksi oleh CV. Ruchi
merupakan barang yang dapat disesuaikan oleh keinginan pelanggan baik dari spesifikasi
maupun dari segi desain. Dalam menjalankan proses bisnis bisnisnya saat ini, terdapat
beberapa permasalahan yang dapat memberikan dampak kerugian secara waktu, tenaga,
dan biaya pada perusahaan. Permasalahan tersebut diantaranya adalah keterlambatan
memenuhi pesanan konsumen sesuai waktu yang telah disepakati dan terjadinya
overstock atau stockout bahan baku. Masalah yang dialami perusahaan terjadi karena
tidak adanya informasi mengenai persediaan bahan baku secara aktual, sulitnya mencari
informasi yang dibutuhkan untuk pemenuhan pesanan konsumen, serta informasi yang
tidak tersampaikan dengan baik. Permasalahan tersebut menandakan pentingnya sistem
informasi yang dapat menunjang proses bisnis perusahaan dengan baik. Dalam mengatasi
masalah tersebut, dilakukan perancangan sistem informasi menggunakan metode System
Development Life Cycle (SDLC). Metode SDLC terdiri dari empat tahapan yaitu tahap
perencanaan, tahap analisis, tahap perancangan, dan tahap implementasi. Pada tahapan
perencanaan dilakukan identifikasi masalah proses bisnis saat ini. Pada tahap analisis
dilakukan identifikasi kebutuhan informasi dan ditentukan kriteria performansi sistem. Pada
tahapan perancangan diberikan usulan proses bisnis, dekomposisi fungsi, pembuatan
context diagram serta Data Flow Diagram (DFD), pembuatan basis data, dan normalisasi
data. Dalam tahapan implementasi dibuat kamus data, user interface dan Standar
Operasional Prosedur (SOP) untuk aktivitas yang membutuhkan. Hasil dari penelitian yang
dilakukan menggunakan metode SDLC adalah usulan perbaikan proses bisnis, basis data,
user interface dan Standar Operasional Prosedur (SOP). Hasil penelitian tersebut
diharapkan dapat menjadi tools untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada
CV.Ruchi.