Usulan strategi pemasaran distro Crossoverbdg untuk mencapai target penjualan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Loice, Romy
dc.contributor.author Ismiyanti, Dhea
dc.date.accessioned 2021-09-17T07:05:06Z
dc.date.available 2021-09-17T07:05:06Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp40474
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12347
dc.description 5120 - FTI en_US
dc.description.abstract Industri kreatif fashion memiliki persentase yang tinggi dalam kontribusi pendapatan industri kreatif di kota Bandung. CROSSOVERBDG merupakan salah satu distro yang termasuk ke dalam industri kreatif. CROSSOVERBDG merupakan sebuah distro lokal yang berasal dari kota Bandung. Distro ini sudah berdiri sejak tahun 2006. Berdasarkan observasi dan wawancara meskipun Distro CROSSOVERBDG telah melakukan strategi 4P (Product, Price, Place, Promotion) tetapi target pemasaran belum tercapai. Promotion terindikasi menjadi faktor yang paling perlu diperbaiki dari keempat faktor tersebut. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan memberi usulan strategi yang tepat digunakan oleh distro. Metode yang digunakan untuk melakukan perancangan usulan strategi pemasaran adalah analisis faktor internal dan faktor eksternal yang dimiliki distro. Analisis faktor eksternal dengan menggunakan Five Force Porter Model. Faktor yang sudah didapatkan selanjutnya digunakan untuk membuat matriks Internal Factor Evaluation (IFE), matriks External Factor Evaluation (EFE) dan matriks Internal Eksternal (IE). Matriks tersebut dibuat untuk mendapatkan bobot pada setiap faktor, posisi dan alternatif yang tepat berdasarkan faktor internal dan eksternal. Selain bobot, diperlukan juga rating yang digunakan untuk mendapatkan skor pada matriks IFE, matriks EFE. Hasil yang didapatkan akan menjadi pertimbangan untuk merancang alternatif yang tepat. Usulan strategi dirancang dengan menggunakan matriks TOWS, kemudian dilakukan evaluasi dengan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa Distro CROSSOVERBDG berada pada posisi grow and build. Hasil dari QSPM strategi product development mendapatkan nilai sebesar 7,82, nilai ini relatif tinggi berdasarkan skala 1 sampai 9. Usulan product development yang diberikan adalah membuat produk dengan mengikuti tren, menjaga kualitas, harga dan variasi produk, membuat produk dengan variasi warna lebih banyak dan menjual produk dengan harga jual terjangkau. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Strategi pemasaran en_US
dc.subject Product en_US
dc.subject Price en_US
dc.subject Place en_US
dc.subject Promotion (4P) en_US
dc.subject Five Force Porter Model en_US
dc.subject IFE en_US
dc.subject EFE en_US
dc.subject Matriks IE en_US
dc.subject Matriks TOWS en_US
dc.subject QSPM en_US
dc.title Usulan strategi pemasaran distro Crossoverbdg untuk mencapai target penjualan en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610081
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0418048102
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account