Abstract:
Industri kreatif fashion memiliki persentase yang tinggi dalam kontribusi
pendapatan industri kreatif di kota Bandung. CROSSOVERBDG merupakan salah satu
distro yang termasuk ke dalam industri kreatif. CROSSOVERBDG merupakan sebuah
distro lokal yang berasal dari kota Bandung. Distro ini sudah berdiri sejak tahun 2006. Berdasarkan observasi dan wawancara meskipun Distro CROSSOVERBDG telah
melakukan strategi 4P (Product, Price, Place, Promotion) tetapi target pemasaran belum tercapai. Promotion terindikasi menjadi faktor yang paling perlu diperbaiki dari keempat
faktor tersebut. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan memberi usulan strategi yang tepat digunakan oleh distro. Metode yang digunakan untuk melakukan perancangan usulan strategi pemasaran adalah analisis faktor internal dan faktor eksternal yang dimiliki distro. Analisis faktor eksternal dengan menggunakan Five Force Porter Model. Faktor yang sudah didapatkan selanjutnya digunakan untuk membuat matriks Internal Factor Evaluation (IFE), matriks External Factor Evaluation (EFE) dan matriks Internal Eksternal (IE). Matriks tersebut dibuat untuk mendapatkan bobot pada setiap faktor, posisi dan alternatif yang tepat berdasarkan faktor internal dan eksternal. Selain bobot, diperlukan
juga rating yang digunakan untuk mendapatkan skor pada matriks IFE, matriks EFE. Hasil yang didapatkan akan menjadi pertimbangan untuk merancang alternatif yang tepat. Usulan strategi dirancang dengan menggunakan matriks TOWS, kemudian dilakukan evaluasi dengan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa Distro CROSSOVERBDG berada pada
posisi grow and build. Hasil dari QSPM strategi product development mendapatkan nilai sebesar 7,82, nilai ini relatif tinggi berdasarkan skala 1 sampai 9. Usulan product development yang diberikan adalah membuat produk dengan mengikuti tren, menjaga
kualitas, harga dan variasi produk, membuat produk dengan variasi warna lebih banyak
dan menjual produk dengan harga jual terjangkau.