Abstract:
Latar belakang penelitian ini dikarenakan bimbingan belajar Oneshot
Medicalc ingin meningkatkan pendapatan dan permasalahan yang dihadapi yaitu
organisasi belum cukup diketahui oleh konsumen. Oneshot Medicalc adalah
organisasi bimbingan belajar yang membantu sarjana kedokteran untuk
menghadapi Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui brand awareness bimbingan belajar Oneshot
Medicalc serta memeriksa pengaruh faktor advertising spending, price deals, dan
media sosial Instagram terhadap brand awareness bimbingan belajar Oneshot
Medicalc. Kemudian berdasarkan pengaruh faktor-faktor tersebut akan dibuat
usulan perbaikannya. Metodologi penelitian ini adalah metode penelitian kuantitaif.
Langkah-langkah yang digunakan yaitu identifikasi dan perumusan masalah,
penentuan tujuan penelitian, penentuan batasan dan asumsi penelitian, tinjauan
pustaka, perancangan model penelitian, pengukuran variabel dengan kuesioner,
pengujian instrumen, deskripsi karakteristik responden, deskripsi hasil pengukuran
variabel, uji asumsi klasik, perhitungan regresi linear berganda, dan perancangan
usulan perbaikan.
Saat ini skor keseluruhan brand awareness bimbingan belajar Oneshot
Medicalc sebesar 3,53 dari skala Likert ganjil berskala 5. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa faktor media sosial Instagram dan advertising spending
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand awareness bimbingan belajar
Oneshot Medicalc. Usulan perbaikan pada faktor media sosial Instagram adalah
membuat desain yang cenderung menarik untuk wanita, memperkaya konten,
menggunakan kalimat ajakan interaksi, dan mengadakan give away. Usulan
perbaikan pada faktor advertising spending adalah perbaikan tampilan iklan, waktu
dan frekuensi iklan, serta strategi beriklan di media sosial Whatsapp, Instagram,
Line, Youtube, dan Telegram.