Identifikasi customer needs terhadap produk laptop pada sebuah ulasan produk dengan metode aspect-based sentiment analysis

Show simple item record

dc.contributor.advisor Suryadi, Dedy
dc.contributor.advisor Fransiscus, Hanky
dc.contributor.author Rachdian, Adinda Oktaviani
dc.date.accessioned 2021-09-14T03:56:31Z
dc.date.available 2021-09-14T03:56:31Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40536
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12332
dc.description 5182 - FTI en_US
dc.description.abstract Perusahaan perlu merespon dengan cepat kebutuhan konsumen agar dapat bertahan pada era Industri 4.0. Seiring dengan berkembangnya pengguna internet, telah banyak konsumen yang memberikan ulasan produk secara online pada sebuah platform. Ulasan produk dapat dimanfaatkan untuk identifikasi customer needs serta analisa sentimen terhadap aspek pada produk, sehingga dibutuhkan sebuah metode untuk dapat melakukan hal ini dengan cepat dan terjangkau. Penelitian ini bertujuan menerapkan metode aspect-based sentiment analysis untuk mengetahui sentimen dari aspek produk dan identifikasi customer needs. Terdapat dua langkah yang dilakukan, yaitu pertama topic modeling untuk menentukan aspekaspek. Topic modeling dilakukan dengan menggunakan metode Non-negative Matrix Factorization (NMF). Kedua adalah analisis sentimen dengan pendekatan lexicon-based approach. Lexicon yang digunakan adalah opinion lexicon dari Hu & Liu (2004). Dalam studi kasus laptop ASUS yang mengalami penurunan pangsa pasar, aspek-aspek yang teridentifikasi adalah general, battery, storage, screen, price, performance, keyboard, warranty issue, others, dan design. Aspek dengan sentimen positif merupakan aspek general, battery, storage, screen, price, performance, keyboard, warranty issue, others, dan design. Sedangkan tidak ada aspek dengan sentimen negatif. Terdapa 30 kebutuhan yang teridentifikasi pada produk ini, beberapa diantaranya adalah adalah a well-functioning laptop, battery with a minimum endurance of 8 hours, large SSD and hard drive capacity, screen with an IPS system, ergonomic keyboard design, and competitive prices. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Identifikasi customer needs terhadap produk laptop pada sebuah ulasan produk dengan metode aspect-based sentiment analysis en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610065
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0419128101
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0401058802
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0401058802
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account