Abstract:
Perusahaan perlu merespon dengan cepat kebutuhan konsumen agar dapat
bertahan pada era Industri 4.0. Seiring dengan berkembangnya pengguna internet, telah
banyak konsumen yang memberikan ulasan produk secara online pada sebuah platform.
Ulasan produk dapat dimanfaatkan untuk identifikasi customer needs serta analisa
sentimen terhadap aspek pada produk, sehingga dibutuhkan sebuah metode untuk dapat
melakukan hal ini dengan cepat dan terjangkau.
Penelitian ini bertujuan menerapkan metode aspect-based sentiment analysis
untuk mengetahui sentimen dari aspek produk dan identifikasi customer needs. Terdapat
dua langkah yang dilakukan, yaitu pertama topic modeling untuk menentukan aspekaspek.
Topic modeling dilakukan dengan menggunakan metode Non-negative Matrix
Factorization (NMF). Kedua adalah analisis sentimen dengan pendekatan lexicon-based
approach. Lexicon yang digunakan adalah opinion lexicon dari Hu & Liu (2004).
Dalam studi kasus laptop ASUS yang mengalami penurunan pangsa pasar,
aspek-aspek yang teridentifikasi adalah general, battery, storage, screen, price,
performance, keyboard, warranty issue, others, dan design. Aspek dengan sentimen positif
merupakan aspek general, battery, storage, screen, price, performance, keyboard,
warranty issue, others, dan design. Sedangkan tidak ada aspek dengan sentimen negatif.
Terdapa 30 kebutuhan yang teridentifikasi pada produk ini, beberapa diantaranya adalah
adalah a well-functioning laptop, battery with a minimum endurance of 8 hours, large SSD
and hard drive capacity, screen with an IPS system, ergonomic keyboard design, and
competitive prices.