Abstract:
Babyshop X merupakan salah satu toko yang menjual keperluan bayi di Cijerah,
Bandung Kulon. Bandung kulon merupakan kecamatan dengan tingkat kelahiran bayi yang
cukup tinggi di Kota Bandung selama 4 tahun terakhir. Namun, tingginya potensi pasar ini
tidak sebanding dengan penjualan Babyshop X yang justru lebih rendah dibandingkan
tahun sebelumnya. Pihak manajemen telah melakukan beberapa upaya untuk
meningkatkan niat beli konsumen, namun tidak terdapat perubahan yang signifikan. Oleh
karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat
memengaruhi niat beli konsumen Babyshop X. Model penelitian dibangun berdasarkan
hasil identifikasi masalah dan studi literatur, yang mengkaji pengaruh dari customer
service, store design, merchandise, price, location, promotion, social influence dan store
image terhadap niat beli konsumen Babyshop X. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan survei dan pengujian model penelitian dilakukan dengan menggunakan
PLS-SEM. Hasil pengujian model penelitian mendapati bahwa customer service,
merchandise, promotion dan social influence berpengaruh terhadap niat beli konsumen
Babyshop X. Penentuan prioritas perbaikan dilakukan dengan menggunakan Importance-
Performance-Matrix-Analysis (IPMA). Penelitian ini menghasilkan 17 usulan perbaikan
yang telah didiskusikan dan disetujui oleh pihak manajemen untuk diimplementasikan di
Babyshop X. Usulan perbaikan meliputi pengadaan program promosi, pengadaan program
referensi kartu langganan, perbaikan kualitas layanan konsumen, dan pengontrolan
kualitas, stok dan variasi produk yang dijual