Abstract:
Restoran Hu Han Korean BBQ merupakan salah satu restoran bernuansa Korea
yang ada di Bandung. Restoran ini berdiri sejak tahun 2017, namun mengalami penurunan
penjualan yang berakhir pada kondisi statis selama sembilan bulan terakhir. Rating
restoran Korean BBQ menurut ulasan Google menunjukkan bahwa restoran Hu Han
Korean BBQ hanya memiliki rating 4,1. Selain itu, pelanggan juga masih memberikan kritik
mengenai kualitas layanan restoran tersebut. Sejauh ini, upaya meningkatkan penjualan
seperti membuat akun sosial media dan memberikan diskon telah dilakukan, namun upaya
tersebut belum begitu efektif untuk meningkatkan niat pelanggan untuk kembali
mengunjungi restoran Hu Han Korean BBQ. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi niat pelanggan untuk kembali
mengunjungi restoran Korean BBQ.
Pada penelitian ini dilakukan pengembangan model customer revisit intention
untuk restoran Korean BBQ di Bandung untuk mempelajari apakah kualitas layanan,
kualitas makanan, dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap niat pelanggan untuk
kembali mengunjungi restoran korean BBQ. Terdapat 4 variabel dalam model penelitian
ini, yaitu service quality (kualitas layanan), food quality (kualitas makanan), customer
satisfaction (kepuasan pelanggan), dan revisit intention (niat pelanggan untuk kembali
mengunjungi restoran Korean BBQ) yang menghasilkan 5 hipotesis penelitian. Variabel
kualitas layanan diukur menggunakan higher order construct. Pengambilan data dilakukan
menggunakan survei dan pengujian model penelitian dilakukan menggunakan metode
PLS-SEM.
Hasil pengujian model penelitian menunjukkan bahwa niat pelanggan untuk
kembali mengunjungi restoran Korean BBQ dipengaruhi oleh kualitas makanan dan
kepuasan konsumen. Berdasarkan analisis nilai total effect ditemukan bahwa kualitas
layanan juga mempengaruhi niat pelanggan untuk kembali mengunjungi restoran Korean
BBQ. Penentuan prioritas usulan dilakukan dengan Importance-Performance Matrix
(IPMA). Prioritas usulan diberikan pada variabel kualitas layanan dan dilakukan
perhitungan rata-rata penilaian responden terhadap restoran Hu Han Korean BBQ untuk
mengetahui indikator mana saja yang akan dilakukan perancangan usulan. Perancangan
usulan dibuat berdasarkan hasil rata-rata penilaian dan wawancara dengan responden
serta pihak manajemen restoran Hu Han Korean BBQ. Penelitian ini menghasilkan 8
usulan yang telah diterima oleh pihak manajemen untuk diimplementasikan di restoran Hu
Han Korean BBQ.