Perancangan sistem informasi manajemen aset pada Hotel X

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sandy, Ignatius A.
dc.contributor.author Wiyarta, Rafael Evan
dc.date.accessioned 2021-09-03T05:39:15Z
dc.date.available 2021-09-03T05:39:15Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp40568
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12287
dc.description 5214 - FTI en_US
dc.description.abstract Hotel X merupakan hotel berbintang 4 yang terletak di Kawasan bisnis dan hiburan Jakarta Utara yang beralamatkan di Jl. Gunung Sahari Raya No.1, 14420, Jakarta. Hotel X memiliki jumlah kamar sebanyak 362 kamar, dimana terbagi menjadi 278 kamar dengan tipe standard, 58 kamar dengan tipe deluxe, dan 26 kamar dengan tipe suites. Terdapat juga fasilitas tambahan yang dapat digunakan oleh tamu seperti kolam renang, spa, fitness center, ballroom, dan business center. Dengan banyaknya fasilitas yang dimiliki oleh Hotel X, tentunya Hotel X juga memiliki banyak aset sebagai salah satu pendukung operasional hotel. Cost Control merupakan bagian yang bertanggung jawab untuk mengelola seluruh aset yang dimiliki Hotel X. Cost Controller terbagi menjadi dua, yaitu Cost Controller dan Jr. Cost Controller. Pada proses bisnis saat ini ditemukan kesalahan-kesalahan yang merugikan perusahaan. Beberapa keselahan tersebut seperti, kesalahan dalam pencatatan mengenai jumlah aset, kondisi aset, status aset, kesalahan dalam menyimpan data aset, dan kesalahan dalam proses audit aset. Permasalahan ini menyebabkan kerugian bagi perusahaan dan karyawan secara keuangan dan waktu. Berdasarkan identifikasi yang dilakukan, kesalahan-kesalahan tersebut disebabkan karena belum adanya sistem manajemen aset yang baik, mekanisme control, dan sistem informasi yang dapat menunjang proses bisnis di Hotel X. Perancangan sistem informasi pada Hotel X menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC). Terdapat empat tahapan pada metode ini meliputi tahap perencanaan, analisis, desain, dan implementasi. Pada tahap perencanaan, dilakukan identifikasi masalah sistem saat ini. Tahapan analisis meliputi identifikasi kebutuhan informasi dari permasalahan sistem saat ini dan penentuan kriteria performansi sistem. Pada tahapan perancangan, diberikan flowchart sistem yang akan dibangun, use case diagram, pembuatan basis data, dan normalisasi basis data. Tahapan implementasi meliputi pembuatan kamus data, pembuatan laporan, perangkat lunak, dan Standar Operasional Prosedur (SOP). Rancangan sistem informasi yang diberikan meliputi dua buah laporan aset, perangkat lunak, serta lima buah SOP untuk beberapa aktivitas yang membutuhkan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Aset en_US
dc.subject Aset, Manajemen en_US
dc.subject System Development Life Cycle (SDLC) en_US
dc.title Perancangan sistem informasi manajemen aset pada Hotel X en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610031
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417086803
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account