Usulan perbaikan desain interface aplikasi perencana keuangan X berdasarkan usability testing

Show simple item record

dc.contributor.advisor Theopilus, Yansen
dc.contributor.advisor Theresia, Clara
dc.contributor.author Hendelson, Garry Ryan
dc.date.accessioned 2021-09-02T08:16:49Z
dc.date.available 2021-09-02T08:16:49Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40571
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12279
dc.description 5217 - FTI en_US
dc.description.abstract Dewasa ini, penggunaan aplikasi sudah menjadi konsumsi sehari-hari. Aplikasi sangat membantu dalam aktivitas sehari-hari, termasuk untuk melakukan pencatatan dan pembelajaran finansial. Aplikasi X adalah aplikasi perencana keuangan yang bergerak pada bidang financial technology (fintech) dan beroperasi sejak tahun 2017. Aplikasi ini memiliki 5 fungsi yaitu pencatatan, perencanaan, konsultasi, edukasi, dan pembelian akan produk keuangan. Hingga saat ini, perusahaan belum pernah melakukan evaluasi pada aplikasi. Review pada google playstore menunjukkan 25% ulasan berbintang satu dan dua. Ulasan tersebut berkaitan dengan penggunaan aplikasi, peletakan fitur, dan kesulitan untuk memahami fungsi aplikasi ini, sejalan dengan masukan yang didapat dari wawancara pada beberapa pengguna aplikasi ini. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan sebuah evaluasi untuk memahami lebih jauh akan permasalahan terkait usability. Hasil evaluasi akan menjadi dasar untuk mengetahui masalah pada aplikasi ini, dan menciptakan solusi yang baik untuk pengguna. Evaluasi dilakukan terhadap 4 faktor usability yaitu effectiveness, efficiency, satisfaction, dan learnability. Metode task completion digunakan untuk mengukur effectiveness dan efficiency. Kuesioner Computerized System Usability Questionnaire (CSUQ) digunakan untuk mengukur satisfaction. Analisis grafik learning curve digunakan untuk mengukur learnability. Pengujian dilakukan terhadap 15 tugas dengan total responden 20 orang. Didapatkan nilai effectiveness sebesar 54%, efficiency sebesar 53%, satisfaction sebesar 57%, dan grafik learning curve yang menunjukkan proses menuju waktu pengerjaan stabil yang lama. Didapatkan juga 39 usability problem yang tersebar pada fitur-fitur aplikasi saat ini. Berdasarkan masalah yang ditemukan, di buatlah rancangan usulan dalam bentuk high-fidelity prototype. Rancangan usulan yang dibuat kemudian dievaluasi dengan metode yang sama. Evaluasi rancangan usulan menunjukkan hasil yang baik dengan angka 86% pada faktor effectiveness, 82% pada faktor efficiency, 81,55% pada faktor satisfaction, dan grafik learning curve yang menunjukkan waktu belajar yang singkat bagi pengguna untuk mencapai waktu penggunaan yang stabil. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, didapatkan bahwa rancangan usulan yang diberikan telah mencapai tahap usability yang baik. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Usability Testing en_US
dc.subject Desain Interface en_US
dc.subject Evaluasi Aplikasi en_US
dc.subject Task Completion en_US
dc.title Usulan perbaikan desain interface aplikasi perencana keuangan X berdasarkan usability testing en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610025
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0426059402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account