Perancangan dan evaluasi strategi bisnis pada Tunas Baru Motor

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nawangpalupi, Catharina Badra
dc.contributor.advisor Budiono, Arip
dc.contributor.author Setiadi, Samuel
dc.date.accessioned 2021-09-02T04:05:18Z
dc.date.available 2021-09-02T04:05:18Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40450
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12266
dc.description 5096 - FTI en_US
dc.description.abstract Sepeda motor merupakan jenis kendaraan bermotor terbanyak di Indonesia dengan persentase 82%. Indonesia merupakan pasar sepeda motor terbesar ketiga di dunia dan setiap tahunnya mengalami peningkatan penjualan. Hal ini menjadi peluang bagi industri yang berhubungan dengan sepeda motor. Tunas Baru Motor merupakan toko spareparts dan bengkel sepeda Motor yang berdiri sejak 1 Juli 1990 yang berlokasi di Jl. Mayor Oking no.77 Cibinong-Kab Bogor. Dalam beberapa tahun terakhir ini terjadi penurunan penjualan yang signifikan. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana model bisnis yang dimiliki saat ini dan apakah model bisnis tersebut masih relevan untuk digunakan. Selain itu, akan dirancang strategi bisnis bagi Tunas Baru Motor. Evaluasi dan perancangan strategi bisnis ini dilakukan dengan beberapa tahapan antara lain identifikasi secara internal dan eksternal perusahaan, Matriks SWOT, Matriks IFE (Internal Factor Evaluation), Matriks EFE (External Factor Evaluation), Matriks Internal- Eksternal, Matriks TOWS dan formulasi strategi. Identifikasi internal meliputi kekuatan dan kelemahan sedangkan identifikasi eksternal meliputi PEST Analysis, Porter Five Force’s Analysis, peluang dan ancaman. Selanjutnya dilakukan evaluasi dengan Matriks IFE,Matriks EFE dan Matriks Internal-Eskternal untuk mengetahui kondisi posisi perusahaan saat ini. Matriks TOWS digunakan untuk membuat alternatif strategi bagi perusahaan. Hasil penelitian menunjukan saat ini Tunas Baru Motor berada pada posisi hold and maintain. Posisi ini sebaiknya Tunas Baru Motor mempertahankan dan meningkatkan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan. Tunas Baru Motor dapat menjalankan strategi primer dan strategi sekunder yang sudah diformulasikan. Berdasarkan strategi ST dan WO yang relevan untuk digunakan saat ini, maka strategi primer yang dapat dilakukan adalah memperbaiki sistem inventory yang dimiliki serta menjaga reputasi toko yang baik. Strategi sekunder yang dapat dilakukan dibagi menjadi strategi pemasaran, strategi operasional, strategi finansial serta strategi SDM. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan dan evaluasi strategi bisnis pada Tunas Baru Motor en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610014
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404127301
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0426118602
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account