Abstract:
Sepeda motor merupakan jenis kendaraan bermotor terbanyak di Indonesia
dengan persentase 82%. Indonesia merupakan pasar sepeda motor terbesar ketiga di
dunia dan setiap tahunnya mengalami peningkatan penjualan. Hal ini menjadi peluang bagi
industri yang berhubungan dengan sepeda motor. Tunas Baru Motor merupakan toko
spareparts dan bengkel sepeda Motor yang berdiri sejak 1 Juli 1990 yang berlokasi di Jl.
Mayor Oking no.77 Cibinong-Kab Bogor. Dalam beberapa tahun terakhir ini terjadi
penurunan penjualan yang signifikan. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk
mengetahui bagaimana model bisnis yang dimiliki saat ini dan apakah model bisnis
tersebut masih relevan untuk digunakan. Selain itu, akan dirancang strategi bisnis bagi
Tunas Baru Motor.
Evaluasi dan perancangan strategi bisnis ini dilakukan dengan beberapa tahapan
antara lain identifikasi secara internal dan eksternal perusahaan, Matriks SWOT, Matriks
IFE (Internal Factor Evaluation), Matriks EFE (External Factor Evaluation), Matriks Internal-
Eksternal, Matriks TOWS dan formulasi strategi. Identifikasi internal meliputi kekuatan dan
kelemahan sedangkan identifikasi eksternal meliputi PEST Analysis, Porter Five Force’s
Analysis, peluang dan ancaman. Selanjutnya dilakukan evaluasi dengan Matriks
IFE,Matriks EFE dan Matriks Internal-Eskternal untuk mengetahui kondisi posisi
perusahaan saat ini. Matriks TOWS digunakan untuk membuat alternatif strategi bagi
perusahaan.
Hasil penelitian menunjukan saat ini Tunas Baru Motor berada pada posisi hold
and maintain. Posisi ini sebaiknya Tunas Baru Motor mempertahankan dan meningkatkan
kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan. Tunas Baru Motor dapat menjalankan strategi
primer dan strategi sekunder yang sudah diformulasikan. Berdasarkan strategi ST dan WO
yang relevan untuk digunakan saat ini, maka strategi primer yang dapat dilakukan adalah
memperbaiki sistem inventory yang dimiliki serta menjaga reputasi toko yang baik. Strategi
sekunder yang dapat dilakukan dibagi menjadi strategi pemasaran, strategi operasional,
strategi finansial serta strategi SDM.