Abstract:
Setiap perusahaan pasti menginginkan usaha atau bisnisnya untuk dapat berjalan dengan lancar
dan memiliki usia yang tidak pendek. Perusahaan membutuhkan laba untuk dapat terus
menjalankan kegiatan operasi bisnisnya. Aktivitas penjualan merupakan unsur penting bagi
perusahaan untuk dapat memperoleh laba dan terus menjalankan kegiatan operasinya. Saat ini
persaingan dunia bisnis berkembang semakin pesat, setiap perusahaan dituntut untuk melakukan
inovasi secara terus menerus dikarenakan terjadi persaingan yang ketat antara satu perusahaan dan
perusahaan lain dalam dunia bisnis. Perkembangan dunia teknologi dalam bisnis berkembang
dengan sangat pesat yang membuat banyak perusahaan dengan metode penjualan konvensional
beralih dan mencoba untuk melakukan penjualan secara online.
Untuk memperoleh laba yang optimal, perusahaan harus memastikan prosedur
dan kebijakan pada perusahaan dijalankan secara efektif. Untuk dapat menilai efektivitas
penjualan, diperlukan pemeriksaan operasional. Pemeriksaan operasional dilakukan untuk dapat
mempelajari dan mengevaluasi apakah aktivitas penjualan yang dilakukan oleh perusahaan saat
ini telah dilakukan secara efektif dan efisien, serta melihat apakah prosedur dan kebijakan
perusahaan dapat meningkatkan efektivitas penjualan.
Pada penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah pemeriksaan operasional
atas aktivitas penjualan untuk menilai efektivitas penjualan pada CV Mandiri Kusuma Wardani.
CV Mandiri Kusuma Wardani merupakan perusahaan yang bergerak di bidang retail elektronik
yang telah dikelola secara turun temurun dan saat ini telah dikelola oleh 3 (tiga) generasi.
Digunakan metode penelitian analisis deskriptif. Metode ini dapat membantu peneliti untuk
mempelajari perusahaan dan melakukan analisis menggunakan dasar teori yang relevan, yang
kemudian digunakan sebagai dasar untuk memberikan saran dan rekomendasi bagi manajemen
perusahaan.
Pada hasil dari penelitian ini, ditemukan kelemahan pada aktivitas penjualan CV
Mandiri Kusuma Wardani yaitu tidak ada segregation of duties pada bagian kasir, perusahaan
tidak efisien dalam mengeluarkan biaya operasionalnya, penetapan harga jual tidak sesuai
kebijakan yang dimiliki oleh perusahaan, seluruh dokumen pada perusahaan masih menggunakan
cara manual dan tidak dilakukan penyimpanan dokumen dengan baik, dan pengelolaan sumber
daya manusia pada perusahaan belum memadai.