Abstract:
Kuliner merupakan sub-sektor yang memberikan sumbangan terbesar bagi PDB
Ekonomi Kreatif. Dengan ditetapkannya Kota Bandung sebagai destinasi wisata
kuliner membuat wisatawan menjadi lebih tertarik untuk menikmati kuliner Kota
Bandung. Salah satu makanan yang terkenal dan disukai oleh wisatawan adalah
martabak. Martabak San Francisco merupakan salah satu merek martabak
legendaris di Kota Bandung dan gerai yang berada di Jalan Burangrang akan diteliti
pada penelitian ini.
Dalam menghadapi persaingan untuk memenuhi keinginan dan
kebutuhan konsumen, Martabak San Francisco melakukan kegiatan inovasi baik
pada produk dan proses penjualannya serta memperhatikan kualitas pada produk
dan layanannya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana penilaian konsumen mengenai inovasi produk dan proses serta kualitas
produk dan layanan pada Martabak San Francisco Jalan Burangrang.
Variabel inovasi produk pada penelitian ini diukur melalui lima dimensi
yaitu pembaharuan jenis produk, peningkatan kualitas, macam model, kemasan,
desain, dan fitur, kompatibilitas, dan komunikabilitas. Inovasi proses yang
dilakukan oleh Martabak San Francisco Jalan Burangrang adalah inovasi proses
penjualan secara online yang diukur melalui tiga dimensi, yaitu transaksi/biaya,
interaktivitas, dan pemenuhan janji. Sedangkan pengukuran kualitas produk
dilakukan melalui tujuh dimensi, yaitu penampilan, porsi, tekstur, aroma, tingkat
kematangan, rasa, dan keanekaragaman makanan. Kualitas layanan diukur dengan
menggunakan lima dimensi yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan
bukti fisik.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif untuk
menggambarkan hasil penilaian konsumen mengenai inovasi produk dan proses
serta kualitas produk dan layanan. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan
wawancara, observasi, serta menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dengan
metode purposive sampling.
Hasil pengolahan dan analisa data menunjukkan bahwa penilaian
konsumen mengenai inovasi produk yang dilakukan oleh Martabak San Francisco
Jalan Burangrang berada pada kategori tinggi. Sedangkan penilaian konsumen
mengenai inovasi proses, kualitas produk, kualitas layanan Martabak San Francisco
Jalan Burangrang berada pada kategori sangat tinggi.
Martabak San Francisco Jalan Burangrang sebaiknya menambah
variasi ukuran yang lebih kecil dengan harga jual yang lebih terjangkau,
memanfaatkan fitur iklan online seperti instagram ads/ facebook ads, rutin dalam
membersihkan dan memperbaharui daftar menu, mewajibkan karyawan untuk
menggunakan sarung tangan plastik, mengadakan evaluasi kinerja karyawan setiap
satu bulan sekali, serta mewajibkan karyawan untuk selalu memberitahu konsumen
mengenai waktu yang dibutuhkan dalam menyiapkan pesanan.