Pengaruh persepsi konsumen atas reliability dan web design terhadap brand preference pada Spotify Premium dan JOOX VIP

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wardhono, V.J. Wisnu
dc.contributor.author Haryanto, Diky Kurniawan
dc.date.accessioned 2021-08-20T03:32:48Z
dc.date.available 2021-08-20T03:32:48Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp40870
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12178
dc.description 24255 - FE en_US
dc.description.abstract Saat ini, kemajuan ilmu teknologi dan komunikasi sudah sangat berkembang, banyak aktivitas manusia yang tadinya dilakukan secara langsung kini berubah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Salah satu aktivitas yang sudah digantikan dengan kecanggihan teknologi adalah aktivitas mendengarkan musik, yang sebelumnya orang akan mendengarkan musik dengan menggunakan kaset, DVD player, dan penyimpanan lagu pada perangkat elektroniknya sekarang sudah digantikan dengan adanya layanan streaming musik digital. Di Indonesia sudah terdapat layanan streaming musik digital yang diciptakan oleh perusahaan local maupun internasional, terdapat beberapa layanan streaming musik digital yang menguasai pasar konsumen di Indonesia, yaitu Spotify Premium dan JOOX VIP. Ditemukan data bahwa berdasarkan jumlah orang yang melakukan proses install aplikasi layanan streaming musik digital di Asia menunjukkan bahwa aplikasi JOOX lebih banyak di install dibandingkan aplikasi Spotify. Berdasarkan pengamatan langsung yang dilakukan peneliti di lingkungan kampus dan kerja, peneliti menemukan fenomena bahwa ternyata dari segi layanan streaming musik digital yang berbayar hasilnya dimenangkan oleh Spotify Premium dibandingkan dengan JOOX VIP. Peneliti melakukan penelitian terdahulu untuk mencari tahu penyebab orang lebih memilih Spotify Premium daripada JOOX VIP dari segi layanan streaming musik digital berbayar. Peneliti kemudian menemukan penyebabnya yaitu dari persepsi konsumen terhadap dimensi reliability dan web design terhadap brand preference pada Spotify Premium dan JOOX VIP. Selanjutnya peneliti mempelajari lebih lanjut mengenai Electronic Service Quality dengan membaca jurnal dan buku sebagai referensi dalam menentukan model penelitian. Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti ialah dengan melakukan pengumpulan data secara kuesioner yang kemudian hasilnya akan diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Peneliti juga melakukan analisa Importance Performance Analysis untuk menemukan atribut-atribut pada dimensi reliability dan web design yang perlu untuk diperbaiki. Responden pada penelitian ini berjumlah 105 orang dengan teknik sampel yaitu Judgment Sampling dengan pertimbangan yakni responden yang harus sudah pernah menggunakan kedua layanan tersebut. Berdasarkan hasil analisa data yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa konsumen lebih memilih Spotify Premium daripada JOOX VIP dari segi dimensi reliability dan web design. Penelitian ini menghasilkan bahwa reliability dan JOOX VIP ternyata berpengaruh signifikan terhadap brand preference konsumen. Dari penelitian ini juga dihasilkan bahwa dimensi reliability dan web design dari Spotify Premium sudah bagus dan perlu untuk dipertahankan, namun pada JOOX VIP, kedua dimensi itu dinilai masih buruk bagi konsumen sehingga konsumen lebih memilih Spotify Premium daripada JOOX VIP. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Reliability en_US
dc.subject Web Design en_US
dc.subject Brand Preference en_US
dc.subject Importance Performance Analysis en_US
dc.title Pengaruh persepsi konsumen atas reliability dan web design terhadap brand preference pada Spotify Premium dan JOOX VIP en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017120115
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411105802
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account