Abstract:
Saat ini, teknologi bukanlah menjadi hal yang asing bagi masyarakat Indonesia, berbagai pemenuhan kebutuhan dan keinginan masyarakat termasuk belanja saat ini sudah dapat dipenuhi melalui platform yang berbasis teknologi. Saat ini konsumen dapat berbelanja secara daring (online shopping) melalui berbagai situs maupun aplikasi belanja online yang biasa disebut sebagai e-commerce/marketplace. Salah satu marketplace yang sempat berkembang bisnisnya adalah Elevenia. Berdasarkan data dari website iPrice, Elevenia menduduki peringkat ke-10 (rendah) sebagai marketplace yang populer di Indonesia. Berdasarkan hasil preliminary research terhadap 46 responden, 78% dari seluruh responden tidak memiliki niat beli di Elevenia dengan 44.45%-nya beralasan bahwa mereka kurang mengetahui dan tidak tertarik terkait promo yang ditawarkan Elevenia karena tidak pernah melihat iklan yang menarik di platform manapun. Untuk dapat bersaing, suatu marketplace seharusnya menonjolkan promo agar dapat menimbulkan niat beli dari konsumen. Maka dari itu, penulis tertarik untuk mencari tahu terkait persepsi konsumen terhadap sales promotion dan advertising Elevenia yang diduga mengakibatkan niat beli konsumen buruk.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen atas sales promotion (X1), persepsi konsumen atas advertising (X2), dan niat beli (Y) di Elevenia. Adapun tujuan lainnya adalah untuk mengetahui apakah persepsi konsumen atas sales promotion dan advertising berpengaruh positif terhadap niat beli konsumen di Elevenia.
Jenis penelitian yang dipilih adalah applied research dan metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif dan eksplanasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan 120 responden untuk diteliti berdasarkan judgement sampling dengan kriteria konsumen suatu marketplace dan merupakan masyarakat Kota Bandung yang melakukan pembelian barang secara online/belanja online 1-2 kali dalam 1 bulan terakhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online yang selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi konsumen atas sales promotion (X1) dan persepsi konsumen atas advertising (X2) terhadap niat beli (Y) secara bersamaan maupun terpisah. Adapun berdasarkan skor R2 didapatkan hasil bahwa kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 47.70%. Melalui analisis deskriptif, didapatkan hasil bahwa persepsi konsumen atas sales promotion cukup baik, persepsi konsumen atas advertising cenderung netral (tidak baik dan tidak buruk), dan niat beli di Elevenia cenderung netral (tidak baik dan tidak buruk). Terjadi perbedaan hasil preliminary research dengan hasil analisis deskriptif kuesioner dimungkinkan karena kurangnya kemampuan penulis dalam menggali masalah dan penyebaran kuesioner yang kurang merata sehingga kurang mewakili seluruh persepsi konsumen marketplace di Kota Bandung.