Abstract:
Perusahaan keluarga banyak di jumlah di Indonesia, sayangnya hanya ada 30%
bisnis keluarga yang mampu bertahan dari generasi pertama ke generasi kedua.
Tujuan penelitian ini akan membahas proses suksesi bisnis keluarga yang bergerak
di bidang otomotif dikarenakan perusahaan tersebut tidak melakukan perencanaan
suksesi dengan baik. Metode kualitatif merupakan metode yang digunakan dalam
penelitian ini dan menggunakan triangulasi sumber dalam menguji validitas data.
Pada penelitian ini ditemukan bahwa perusahaan memiliki visi namun tidak untuk
perencanaan suksesi dan perusahaan dikelola oleh keluarga, adanya kesenjangan
dalam elemen pengalaman kerja suksesor dan tidak adanya kesenjangan pada
dimensi relasi dalam keluarga. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu perusahaan
tidak memiliki visi tentang perencanaan suksesi, suksesor belum sesuai pada
dimensi tingkat kesiapan suksesor, dan sudah sesuai pada dimensi relasi dalam
keluarga.