Abstract:
fungsi dan tujuan, salah satunya adalah untuk mempermudah proses transaksi baik barang maupun jasa. Dengan dipakainya aplikasi sebagai perantara untuk melakukan transaksi antara penjual dan pembeli, hilanglah interaksi langsung antara penjual dan pembeli yang membuat pembeli tidak dapat melakukan penilaian secara langsung kepada pembeli. Konsumen selaku pengguna aplikasi dapat melakukan penilaian kualitas kepada aplikasi itu sendiri dimana layanan diberikan secara elektronik atau e-service quality.
Fitco Indonesia adalah platform kesehatan terintegrasi pertama di Asia Tenggara di mana konsumen dapat mempertahankan gaya hidup aktif dan sehat dari satu aplikasi. Fitco Indonesai menyediakan produk jasa dan juga barang untuk menjunang kesehatan penggunanya. Fitco Indonesia memberikan pelayanan secara online atau sering disebut e-service quality, tetapi tidak sedikti konsumen yang tidak merasa terbantu dengan kehadiran Fitco Indonesia ditunjukan dengan banyaknya keluhan yang konsumen tulis pada ulasan aplikasi di Playstore dan App Store. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh e-service quality yang diberikan oleh Fitco Indonesia terhadap niat pakai ulang konsumen.
Pengambilan sampel penelitian ini bertujuan purposive sampling karena terbatas pada jenis orang tertentu yang dapat memberikan informasi yang diinginkan oleh peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel secara judgement sampling karena peneliti ingin mengetahui kualitas layanan elektronik yang diberikan oleh Fitco Indonesia berdasarkan pengalaman konsumen yang telah menggunakan layanan elektronik tersebut untuk melihat dampaknya terhadap niat pakai ulang.
Hasil regresi linear menunjukan bahwa dari kelima dimensi e-service quality yaitu reliability, shopping convenience, product information, shipping/handling dan pricing yang ada pada aplikasi Fitco Indonesia, hanya 1 variabel saja yang berpengaruh yaitu product information. Hasil ini menunjukan bahwa Fitco Indonesia masih perlu malakukan pembenahan pada e-service quality untuk dapat membuat konsumen terus memakai aplikasi Fitco. Berdasarkan hasil penelitian e-service qualitu yang ada di aplikasi Fitco, ada pengaruh sebesar 54.3% terhadap niat pakai ulang.