Pengaruh capital structure, firm size, dan sales growth terhadap profitabilitas pada berbagai perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015 - 2019

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tan Lian Soei, Catharina
dc.contributor.author Ramawidjaja, Shanita Dinda
dc.date.accessioned 2021-08-03T07:41:09Z
dc.date.available 2021-08-03T07:41:09Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40198
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12000
dc.description 24022 - FE en_US
dc.description.abstract Struktur modal menjadi keputusan yang krusial bagi perusahaan. Komposisi antara hutang jangka panjang dan saham ini yang disebut struktur modal. Begitu pula perusahaan-perusahaan pada sektor manufaktur, yang relatif membutuhkan modal yang relatif dibanding perusahaan-perusahaan di sektor lainnya untuk membiayai aktivitas operasi dan aktivanya karena keperluannya membiayai fixed assets. Tak terkecuali untuk sub sektor di dalamnya, yaitu sektor barang konsumsi, yang selama beberapa tahun terakhir ini mengalami perlambatan pertumbuhan, meskipun menjadi salah satu sektor yang paling diminati investor mengingat barang konsumsi akan selalu dibutuhkan manusia. Salah satu tujuan perusahaan adalah mencari laba atau keuntungan. Keuntungan ini dapat ditandai dengan rasio profitabilitas. Peningkatan profitabilitas memegang peranan penting bagi keberlanjutan panjang perusahaan, dan struktur modal menjadi salah satu faktornya. Penggunaan hutang akan meningkatkan profitabilitas apabila penjualan meningkat dengan persentase tertentu sehingga laba perusahaan meningkat. Sebaliknya, penggunaan hutang akan menurunkan profitabilitas apabila penjualan menurun sehingga laba menurun. Begitu juga dengan ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan. Apabila ukuran perusahaan semakin besar, maka semakin tinggi pula peluang untuk menghasilkan laba yang berpengaruh pada profitabilitas. Sedangkan pertumbuhan perusahaan erat kaitannya dengan pertambahan investasi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh LDAR, Firm Size dan Sales Growth sebagai variabel independen, terhadap ROE sebagai variabel dependen pada perusahaan-perusahaan di sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian deskriptif dimaksudkan untuk mendeskripsikan secara sistematis dan akurat suatu situasi atau area populasi tertentu yang bersifat faktual. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis multiple regression. Analisis regresi berganda adalah analisis yang digunakan ketika ada beberapa variabel independen yang dihipotesiskan mempengaruhi variabel dependen. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa secara parsial LDAR berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROE, Firm Size berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROE, dan Sales Growth berpengaruh negatif dan tidak signifikan. Secara simultan LDAR, Firm Size, dan Sales Growth berpengaruh signifikan terhadap ROE. Sehingga disarankan untuk memperhatikan keputusan penggunaan hutang jangka panjang, keputusan investasi (penambahan total aset), serta pertumbuhan penjualan apabila ingin meningkatkan profitabilitas perusahaan dan bagi investor apabila ingin melakukan investasi di sektor ini. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Struktur Modal en_US
dc.subject Return on Equity (ROE) en_US
dc.subject ong-term Debt to Asset (LDAR) en_US
dc.subject Firm Size (SIZE) en_US
dc.subject Sales Growth (GROWTH) en_US
dc.title Pengaruh capital structure, firm size, dan sales growth terhadap profitabilitas pada berbagai perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015 - 2019 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016120193
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0408026002
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account