Abstract:
Saat ini perkembangan teknologi dan informasi semakin mempermudah arus pertukaran informasi. Semakin meningkatnya penggunaan internet mendorong banyak perusahaan yang melakukan strategi periklanan melalui berbagai platform digital. Saat ini dalam melakukan periklanan, media online menjadi sasaran penting dengan salah satu media periklanan yang sering dijumpai adalah melalui website berita.
Namun adanya iklan di website berita justru menjadi sesuatu yang dianggap mengganggu, hal ini dapat merugikan perusahaan yang membuat iklan tersebut, karena anggapan buruk mengenai iklan yang terdapat di website menjadikan pembaca website berita tidak berminat untuk melihat iklan yang ada dan iklan yang ditampilkan pun menjadi tidak efektif. Oleh karena itu penulis akan mencari tahu atribut-atribut yang dapat menarik pembaca untuk tertarik dan melihat iklan yang ada di website berita, dan mengkhususkan pada produk sepatu dikarenakan responden cenderung tertarik pada iklan yang berkaitan dengan fashion dan dikarenakan seringnya iklan produk sepatu yang muncul di website berita.
Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah confirmatory research dan berdasarkan tujuan yang ingin dicapai penelitian ini bersifat applied research (penelitian terapan), karena penelitian ini dikerjakan dengan maksud dapat memberi gambaran yang jelas mengenai masalah yang terjadi dan memecahkan masalah tersebut dengan memberi solusi yang harus dilakukan. Pengumpulan data akan dilakukan dengan metode studi literatur dan dept interview dengan menggunakan angket metode rating scale yaitu metode fixed or constant sum scale.
Hasil penelitian menunjukkan adanya beberapa atribut iklan yang dianggap penting atau pun yang tidak penting bagi responden untuk melihat iklan produk sepatu di website berita, dengan beberapa perbedaan dan persamaan responden mengenai penyajian iklan yang ada di website berita, yang akan disajikan dalam bentuk tabel dan dijelaskan secara kualitatif.