dc.description.abstract |
Pendahuluan – Di era revolusi industri 4.0, aktivitas masyarakat lebih tertuju pada transaksi yang menggunakan media internet. Penggunaan internet of things berkaitan dengan layanan transaksi keuangan zaman sekarang yang berbasis internet, salah satunya adalah e-Wallet. Salah satu e-Wallet yang beredar saat ini adalah aplikasi Sakuku yang merupakan keluaran dari Bank BCA yang dirilis pada tanggal 28 September 2015. Dengan banyaknya e-Wallet yang berkembang di Indonesia pada masa ini, setiap e-Wallet harus mampu untuk bersaing agar dapat bertahan. Namun, banyak konsumen yang mengeluh mengenai kualitas dari produk Sakuku. Disisi lain, pihak Sakuku sendiri juga sangat jarang menginfokan promo - promo yang sedang diberlakukan di berbagai merchant. Dengan adanya hal itu, diduga aplikasi Sakuku masih kurang dalam hal kualitas produk dan promosi yang dilakukan. Namun, pengguna Sakuku masih mengharapkan performa aplikasi Sakuku yang lebih baik lagi. Hal ini membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap niat pakai ulang Sakuku.
Tujuan – tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap niat pakai ulang Sakuku.
Metode Penelitian – penelitian ini menggunakan kuesioner dengan hasil responden sebanyak 121 responden yang berdomisili di kota Bandung dan Jakarta yang merupakan pengguna atau pernah menggunakan Sakuku. Penelitian ini menggunakan Multiple Linear Regression untuk mengetahui pengaruh variabel independen (kualitas produk dan promosi) terhadap variabel dependen (niat pakai ulang).
Temuan – hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap variabel dependen. Selain itu, terdapat pula perbedaan rata-rata yang signifikan antara kualitas produk dan promosi terhadap niat pakai ulang Sakuku. |
en_US |