The Role of TWICE in supporting South Korea’s public diplomacy in Japan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Djelantik, Sukawarsini
dc.contributor.author Priscilla, Olivia
dc.date.accessioned 2021-07-30T06:26:05Z
dc.date.available 2021-07-30T06:26:05Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40151
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/11935
dc.description 9480 - FISIP en_US
dc.description.abstract K-Pop telah menjadi fenomena dunia yang sudah mencapai hampir ke setiap benua di dunia. Memikat penonton dengan musiknya yang menarik, koreografi yang sempurna, dan video musik yang memikat secara visual. K-Pop terutama sudah mengambil tempat di Jepang, melalui girl grup, TWICE. Mempunyai anggota dari Korea Selatan, Jepang, dan Taiwan, grup ini mampu menembus bekas penjajah Korea Selatan, yaitu Jepang. Dengan konflik masa lalu yang belum terselesaikan, hubungan pemerintah yang tegang, dan persepsi negatif di masyarakat, Korea bertujuan untuk memajukan hubungan dan citra negaranya. K-Pop yang merupakan kategori dari Hallyu menjadi pelopor diplomasi publik Korea Selatan kepada publik asing dengan harapan membangun opini positif di publik Jepang mengenai Korea. Karena adanya kehilangan Hallyu dari media Jepang, ada berkurangnya antusiasme untuk Hallyu di negara itu, hingga TWICE muncul. TWICE mampu menyalakan kembali minat untuk Hallyu di Jepang. Skripsi ini ingin menjawab pertanyaan: "Bagaimana kontribusi TWICE untuk mendukung diplomasi publik Korea Selatan ke Jepang?" dengan menganalisis apakah kegiatan TWICE di Jepang mendukung diplomasi publik Korea melalui Diplomasi Budaya dan teori Diplomasi Multi-track. Penelitian menemukan bahwa TWICE mendukung diplomasi publik Korea Selatan melalui penggunaan budaya. TWICE memperkenalkan, mengembangkan apresiasi, dan melibatkan masyarakat Jepang dalam budaya Korea. Menggunakan musik, makanan, mode, dan tren untuk mengembangkan citra Korea di Jepang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode dan data kualitatif yang terbatas pada debut TWICE tahun 2015 hingga awal 2020 saat TWICE merilis lagu Jepang terbarunya sebagai batasan waktu penelitian. en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject K-Pop en_US
dc.subject Hallyu en_US
dc.subject TWICE en_US
dc.subject Diplomasi Publik en_US
dc.title The Role of TWICE in supporting South Korea’s public diplomacy in Japan en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016330257
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0416066401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account