Abstract:
Nilai perusahaan erat kaitannya dengan kemakmuran pemegang perusahaan. Nilai perusahaan yang tinggi merupakan keinginan setiap perusahaan karena dengan nilai perusahaan yang tinggi menunjukkan bahwa salah satu visi perusahaan tercapai yaitu perusahaan dapat mensejahterakan para pemegang saham. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan diantaranya adalah ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas. Ukuran perusahaan diukur dengan menghitung nilai logaritma natural dari total aset perusahaan. Leverage diukur dengan rasio Debt-to-Equity (DER) yang digunakan untuk melihat seberapa besar utang perusahaan jika dibandingkan dengan ekuitas yang dimiliki perusahaan. Profitabilitas diukur dengan menggunakan rasio Return-on-Equity (ROE) yang menggambarkan kemampuan perusahaan menghasilkan laba bersih dari ekuitas yang dimiliki. Nilai perusahaan diukur dengan rasio Price-to-Book Value (PBV). Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan baik secara parsial maupun secara simultan.
Pada penelitian ini menggunakan dua metode penelitian yaitu metode deskriptif dan metode kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan populasi penelitian perusahaan pada sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan sampel 9 perusahaan sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi dalam periode 2015-2019. Analisis data menggunakan regresi linear data panel dengan menggunakan software STATA. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada penelitian ini model estimasi regresi yang digunakan ialah Random Effect Model (REM), lalu secara parsial hanya ukuran perusahaan yang tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan leverage dan profitabilitas secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai sebesar 86.15%, 13.85% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.