Abstract:
Di era persaingan global, sumber daya manusia menjadi salah satu faktor terpenting dalam menjaga keberlanjutan organisasi. Selain itu, sumber daya manusia digunakan perusahaan sebagai penggerak sumber daya lain dan memiliki posisi strategis yang berkontribusi untuk mewujudkan kinerja organisasi perusahaan. Oleh karena itu, penting untuk sebuah organisasi meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja organisasinya. PT Grand Textile Industry merupakan salah satu pelopor industri tekstil di Indonesia yang telah berdiri selama 49 tahun, dan terus berusaha untuk meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja organisasinya. Berdasarkan penelitian sebelumnya, didapatkan bahwa employee engagement berpengaruh positif terhadap kinerja organisasi. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat employee engagement guna meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja pada department quality assurance PT Grand Textile Indursty. Analisis dalam penelitian ini menggunakan central tendency ( modus ). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan department quality assurance PT Grand Textile Industry. Sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan jumlah sebanyak 43 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan employee engagement yang dimiliki mayoritas karyawan department quality assurance PT Grand Textile termasuk dalam kategori not engaged, dan terdapat 4 faktor yang perlu diprioritaskan guna memperbaiki tingkat employee engagement yaitu kesempatan untuk melakukan yang terbaik, pendapat yang diperhitungkan, bertumbuh dan berkembang, dan rekan kerja melakukan hal yang terbaik dalam pekerjaannya.